Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsilah Makanan Ini untuk Kesehatan Rambut dan Kuku

Kompas.com - 02/02/2015, 10:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Untuk mendapatkan penampilan yang menyegarkan, alangkah baiknya jika tidak hanya kulit dan wajah saja yang diperhatikan. Perawatan bagian tubuh lain juga penting untuk kelangsungan tubuh yang sehat. Memiliki rambut dan kuku yang terawat serta kuat misalnya, menjadi idaman setiap perempuan. 

Joshua Zeichner MD, direktur riset kosmetika dan klinis di departemen dermatologi Mount Sinai Hospital, New York City, Amerika Serikat, mengungkapkan, nutrisi yang baik akan memberikan dampak baik pula bagi kesehatan kuku dan rambut. "Diet yang penuh nutrisi akan memberikan kesehatan bagi kuku dan rambut," tambah Zeichner. 

Dr. Zeichner mengungkapkan, baik kuku maupun rambut sama-sama mengandung keratin dan terbentuk dari proses yang serupa di dalam tubuh. Sehingga, nutrisi yang membantu salah satunya akan membantu bagian lainnya pula. Nah, apa saja makanan yang dapat membantu membuat kuku dan rambut semakin kuat dan sehat? Ini dia:

1. Daging merah. 
Di dalam sepotong daging merah ada kandungan protein dan nutrisi lain yang penting bagi kesehatan kuku dan rambut, yakni zat besi. "Orang-orang yang mengidap anemia biasanya memiliki rambut yang tipis," ujar dr Zeichner.

Di samping itu, kekurangan zat besi biasanya dikaitkan dengan koilonychia, yakni penyakit pada kuku yang membuat kuku berbentuk cembung seperti sendok. Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus makan daging merah setiap hari. Sebab, daging merah mengandung lemak dan konsumsi daging merah dikaitkan dengan risiko berbagai penyakit seperti kanker dan diabetes tipe 2. Namun, Anda bisa mengambil titik aman dengan mengonsumsi daging merah sekali dalam seminggu. 

2. Telur. 
Telur merupakan sumber protein dan mengandung vitamin D dan biotin. "Biotin, vitamin B kompleks memainkan peranan penting dalam perkembangan keratin. Pasien yang kekurangan biotin biasanya memiliki rambut dan kuku yang rapuh," sebut dr Zeichner.

Menurut Journal of Drugs dalam Dermatologyreview, jika Anda mengalami masalah yang lebih menitikberatkan pada kuku, Anda dapat mengonsumsi suplemen biotin. Dosis 2,5 miligram sehari dapat memperkuat kuku yang rapuh. Ini lebih baik dibandingkan 300 butir telur yang harus Anda makan untuk memperoleh dosis serupa. 

3. Ikan salmon. 
Salmon adalah sumber biotin, protein, dan asam lemak omega 3. Jenis ikan ini dapat mengurangi peradangan dan memberikan kesehatan serta kelembapan kulit. Nah, Anda jangan lupa, kulit kepala tetap merupakan kulit, lho. 

"Kulit kepala yang memiliki folikel (lubang tempat tumbuhnya rambut) sehat, memiliki tiap helai rambut yang sehat juga," ujar dr Zeichner. Efek omega 3 dalam pengurangan peradangan juga baik untuk kulit Anda. Sebab, peradangan dapat menghambat pertumbuhan dan kesehatan kuku Anda. 

4. Buah blueberry.
Blueberry mengandung antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. "Kerusakan ini meningkatkan stres pada hormon dan peradangan yang bedampak pada seluruh sel di dalam tubuh, termasuk pada rambut dan kuku," ujar Erin Palinski, pengarang buku Belly Fat Diet for Dummies. 

Di antara semua buah dan sayuran hijau, Palinski menyarankan Anda untuk mengonsumsi blueberry. Sebab, buah ini mengandung antioksidan tertinggi dibanding jenis buah lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com