Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2015, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah studi menemukan bahwa hubungan asmara akan menjadi sedikit lebih sulit jika salah satu pihak, khususnya sang wanita, memiliki berat badan yang lebih besar. Studi yang dipublikasikan di jurnal Social Psychological and Personality Science menyebut, suami dan istri akan lebih bahagia jika sang istri lebih "ringan” dari suami, meskipun tidak harus kurus.

"Istri yang lebih ringan dapat membuat suami percaya bahwa dirinya telah berhasil dalam memilih pasangan," ujar Benjamin Karney PhD, profesor psikologi sosial dari UCLA, Amerika Serikat.

Sebenarnya, menurut Karney, ukuran tubuh atau berat badan bukanlah hal yang harus Anda khawatirkan. Sebab, seks dan komunikasi juga menjadi hal penting dalam kebahagiaan rumahtangga. Hal yang lebih penting dari berat badan adalah apakah Anda merasa nyaman dengan tubuh Anda.

Nah, dengan demikian, berterima kasihlah kepada pasangan Anda setiap kali dia memuji tubuh Anda. Sebab, memiliki bentuk tubuh yang terlalu kurus juga sebenarnya kurang baik dan kurang menguntungkan saat berhubungan seks.

"Setiap kali pasangan memuji Anda, ucapkanlah terima kasih dan ulanglah pujian itu di dalam kepala Anda, meskipun Anda tidak sepenuhnya mempercayai pujian itu," ujar Jessica O'Reilly PhD, pengarang buku The New Sex Bible.

Bila memiliki masalah dalam berat badan, sebaiknya Anda dan pasangan Anda jangan saling menyinggung. Sebaliknya, saling mendukunglah dan bekerjasama dalam menjalankan gaya hidup yang baik dan sehat. Jangan mudah puas dengan bentuk tubuh Anda. "Pasangan harus saling mendukung, bukannya saling membantu untuk berpuas diri," ujar Jenn Berman PsyD, pembawa acara televisi Couples Therapy with Dr Jenn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com