Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada... Hobi Begadang Sebabkan Anda Masih "Jomblo"

Kompas.com - 03/02/2015, 21:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis


KOMPAS.com -- Siapa bilang begadang hanya menyebabkan kulit kusam dan mempertebal kantung mata? Menurut sebuah studi, hobi begadang berpengaruh pada kehidupan romansa Anda. Sebab, mereka yang sering terjaga hingga larut malam, ditemukan lebih sulit mendapatkan pasangan. Apa iya demikian?

Sebuah studi yang dihelat oleh University of Chicago mempelajari bahwa pria dan wanita yang hobi begadang dan bangun siang, memiliki perilaku sulit untuk berkomitmen dalam suatu hubungan jangka panjang.

"Mereka yang hobi begadang, memang lebih mudah bergaul dan supel. Namun, saat menikah, mereka sulit untuk beradaptasi pada kehidupan berumahtangga. Mereka menganggap anak dan kewajiban keluarga sebagai beban," terang penulis penelitian, Dario Maestripieri.

Kemudian, para peneliti menemukan bahwa gaya hidup wanita yang lebih aktif di malam hari, menyerupai gaya hidup pria yang doyan begadang. Alhasil, ketika keduanya bertemu, maka hubungan yang tercipta tidak akan awet dan bertahan hingga ke jenjang pernikahan.

Profesoer Maestripieri mengatakan pada The Huffington Post, harapannya dari penelitian ini adalah untuk membuka mata dan pikiran sejumlah orang yang rajin begadang, mengenai apa yang membuat mereka merasa kesepian di tengah-tengah keramaian.

"Studi ini tujuannya untuk membantu orang-orang dengan gaya hidup terjaga sepanjang malam dan tidur di pagi hingga sore hari, paham bahwa pola tidur mereka berdampak pada status hubungan dan karakter mereka," urainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com