Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Bersama Pasangan, Hindari "Pacaran" dengan Ponsel

Kompas.com - 04/02/2015, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber
c10-13 Saat Berdua dengan Pasangan, Jangan "Pacaran" dengan Ponsel

KOMPAS.com - Sebagian orang susah melepaskan diri dan perhatiannya dari layar ponsel pintar atau smartphone. Bahkan saat sedang menghabiskan waktu berdua dengan pasangan pun, Anda pun terkadang sulit mengalihkan perhatian dari layar ponsel. Ada beragam alasan, mulai dari mengecek hal yang berhubungan dengan pekerjaan hingga untuk eksistensi di berbagai media sosial.

Sebuah penelitian dilakukan oleh para ahli untuk mengetahui dampak sering memperhatikan layar ponsel dengan hubungan asmara. Studi yang dipublikasikan pada jurnal Psychology of Popular Media Culture tersebut menemukan bahwa technoference atau interupsi yang muncul dari komputer, ponsel, maupu televisi memberikan pengaruh negatif terhadap  kebahagiaan Anda dan pasangan.

"Mengizinkan teknologi mengintervensi atau menginterupsi pembicaraan, aktivitas, atau waktu bersama pasangan dapat memberikan sinyal yang tak diinginkan kepada pasangan tentang apa yang sebenarnya paling berarti menurut Anda," ujar Brandon McDaniel PhD, Ketua Penelitian tersebut.

Nah, sekarang Anda mengetahui bahwa sibuk memperhatikan ponsel jelas memberikan dampak yang negatif bagi Anda dan pasangan. Namun, lanjut McDaniel, ini bukan sepenuhnya kesalahan Anda. Sebab, orang yang mudah terdistraksi biasanya memang sulit melepaskan diri dari teknologi.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda mengubah kebiasaan ini. Cobalah sejenak menyingkirkan ponsel dan alat komunikasi lainnya ketika sedang menghabiskan waktu bersama pasangan. "Matikan semua alat komunikasi ketika berkencan atau makan. Sebaliknya, fokuskan diri pada pembicaraan secara langsung dengan pasangan," jelas Sarah Coyne PhD, salah satu anggota tim peneliti.

Informasi saja, menghindarkan diri Anda dari pengaruh ponsel, tidak ada salahnya. Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli dari University of Essex, Inggris menemukan bahwa menghindarkan alat komunikasi dari jangkauan pandangan dan pendengaran dapat membuat Anda semakin mesra dan intim dengan pasangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com