Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2015, 07:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com — Senyuman yang menghiasi wajah Anda akan membuat orang lain ikut merasa bahagia. Nah, para peneliti menemukan teori anyar yang mengatakan bahwa apabila Anda murah senyum, bisa meningkatkan promosi karier menuju puncak. Benarkah demikian?

Studi yang dilakukan para ahli dari Penn State University, Amerika Serikat, menemukan bahwa ketika Anda tersenyum, maka Anda akan terlihat lebih disukai, santun, dan bahkan lebih berkompeten. Ini menunjukkan bahwa senyum dengan sepatutnya tidak akan membuat Anda keliru saat berinteraksi dengan rekan kerja.

Di samping itu, studi lainnya pun mengatakan bahwa senyuman yang Anda tebar kepada rekan-rekan kerja Anda memberikan dampak positif pada karier. Studi yang dilakukan Uppsala University di Swedia menyatakan, ketika Anda tersenyum, maka orang-orang yang berada di sekitar Anda akan merasa lebih bahagia.

Senyuman yang terpancar di wajah membuat otak menciptakan pola positif dan mengusir kemungkinan terciptanya pola negatif. Aktivitas semacam ini bukan sebuah kebetulan, melainkan perlu latihan dan praktek yang berulang-ulang hingga menjadi kebiasaan baik.

"Kita dapat melatih otak untuk memindahkan hal-hal baik di dalam hidup, untuk membantu kita melihat beragam kemungkinan, merasakan lebih banyak energi, dan untuk meraih kesuksesan," ungkap Shawn Achor, penulis buku The Happiness Advantage.

Beragam penelitian ilmiah telah membuktikan manfaat senyuman bagi perjalanan karier dan perolehan gaji bulanan Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mulai saat ini Anda menebarkan senyuman dan keramahan kepada rekan-rekan kerja Anda.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com