Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2015, 17:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Media sosial sudah menjadi aplikasi yang pasti diakses hampir semua orang setiap harinya. Bertemu kawan lama, mencari teman baru, hingga mencari jodoh merupakan alasan orang menggunakan media sosial. Oleh karena itu, foto profil yang dipasang pun biasanya harus menarik perhatian atau memudahkan orang mengingat Anda. 

Nah, sebenarnya apa sih makna di balik foto profil yang Anda pasang di media sosial? Menurut seorang ilmuwan komputer bernama Jennifer Golbeck, PhD, foto profil berguna untuk memudahkan orang lain melihat Anda secara online. Foto profil secara tidak langsung bisa menjelaskan siapa Anda sebenarnya.

"Jika Anda memasang foto anak Anda yang masih bayi, secara jelas Anda ingin mengabarkan kepada dunia bahwa identitas Anda kini sepenuhnya adalah buah hati Anda," ujar Golbeck, yang juga seorang profesor dari University of Maryland, Amerika Serikat. 

Selain itu, ada pula orang yang memajang foto pernikahan sebagai foto profil akun media sosialnya. Menurut Golbeck, hal itu wajar-wajar saja. Ada juga orang yang menggunakan foto jadul alias zaman dulu saat masih sekolah sebagai foto profil menjelang reuni sekolah. Golbeck memandang, memang ada sebagian orang yang senang membagi nostalgianya di akun media sosial. 

"Namun, ketika memasang foto dengan tema tertentu tanpa ada alasan pasti, menurut saya, rasanya seperti ada perasaan putus asa, seperti karakter Rico di film Napoleon Dynamite, yakni orang yang tidak bisa bergerak dari usia 14 hingga 18 tahun," ujar Golbeck.

Golbeck menyatakan, foto profil adalah sebuah bentuk komunikasi. Seperti fashion, foto profil adalah sarana untuk menyatakan kepada publik tentang bagaimana Anda memandang diri Anda sendiri. Apa pun foto yang Anda pilih sebagai foto profil akan secara otomatis mengirimkan pesan. 

"Ketika sebuah foto merepresentasikan identitas Anda, sebaiknya Anda memikirkan dengan baik-baik tentang apa dan bagaimana identitas Anda yang sebenarnya," ungkap Golbeck. 

Coba cek kembali, identitas seperti apa yang Anda gambarkan pada foto profil akun media sosial milik Anda!
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com