Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2015, 12:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Menunjukkan rasa cinta kasih kepada pasangan tidak cukup hanya lewat kata-kata. Tindakan dan perilaku Anda kepada pasangan pun dapat mengindikasikan besarnya cinta Anda. Tidak perlu repot-repot, melakukan hal sederhana namun berkesan ternyata mampu membuat hubungan percintaan Anda semakin mesra dan langgeng.

Menurut Barton Goldsmith PhD, seorang psikoterapis, menyatakan rasa cinta seharusnya tidak hanya dilakukan pada saat Hari Valentine. Sebaliknya, menunjukkan rasa cinta harus dilakukan secara konstan. "Artinya melakukan hal-hal yang lebih dari sekedar mengucap kalimat 'Aku cinta kamu' berkali-kali," ujar Goldsmith.

Lalu, apa saja hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan hubungan yang semakin mesra dari hari ke hari? Berikut beberapa ulasan yang diutarakan oleh Goldsmith. 

1. Gunakan panggilan sayang. 
Memanggil pasangan Anda dengan menggunakan panggilan sayang, menurut Goldsmith akan menimbulkan respon positif. Respon ini berlaku pada hal apapun yang akan Anda katakan selanjutnya pada pasangan Anda.

2. Dukung pasangan saat mengalami masa sulit. 
"Ketika pasangan berada pada masa-masa sulit, merangkul dan mendukung dia adalah hal paling menyenangkan yang dapat Anda lakukan. Ketika kita berada dalam kesulitan, mendengar ucapan-ucapan penuh dukungan dan penguatan dari pasangan akan menciptakan perbedaan yang begitu besar," jelas Goldsmith.

3. Izinkan pasangan menikmati waktu pribadi.
Memberikan kesempatan bagi pasangan untuk menikmati waktunya sendiri sepanjang yang dibutuhkannya adalah sebuah hal yang menunjukkan cinta kasih Anda. "Terkadang memang kita membutuhkan waktu untuk menikmati diri sendiri, yang tak berarti menghindari hubungan yang tengah dijalani," tambah Goldsmith. 

4. Mengerjakan pekerjaan rumah bersama.
Jika pekerjaan rumah dibebankan hanya pada satu orang saja, ia akan merasa sebenarnya itulah yang Anda inginkan dalam sebuah hubungan. Berbagi pekerjaan rumah akan membuat hidup dan rumah tanggah berjalan mulus. Selain itu, Anda dan pasangan pun akan sama-sama merasa nyaman. 

5. Berikan sentuhan hangat lewat pijatan.
Memberikan pijatan ringan nan lembut di kaki atau punggung, kata Goldsmith, adalah tindakan yang menunjukkan kasih sayang Anda kepada pasangan. "Gestur romantis ini akan membuat pasangan merasa diperhatikan, dicintai, dan dijaga. Tidak ada yang lebih baik dari sentuhan hangat pasangan Anda," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com