Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2015, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
Mengenakan make up atau tata rias sebaiknya memang harus disesuaikan dengan usia Anda. Jangan sampai tata rias yang Anda kenakan membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda yang sebenarnya.

Carl Ray, penata rias pribadi Michelle Obama memberikan beberapa kiat untuk memperoleh tata rias yang membuat Anda terlihat lebih muda. Hindari tanda-tanda riasan yang memperlihatkan wajah Anda terlihat lebih tua! Ini kiatnya:

1. Menurut Ray, alas bedak semacam ini adalah tipikal tata rias tahun '90-an. Alas bedak yang tebal terlalu berat untuk wajah dan membuat Anda seperti mengenakan topeng. Memang, alas bedak yang tebal cocok untuk performa panggung atau sebuah pemotretan, namun tak cocok untuk acara sehari-hari ataupun kesempatan formal.

"Untuk pemakaian sehari-hari, gunakanlah BB cream agar terlihat lebih natural. Ini akan membuat kulit Anda bersinar lebih alami. Jika ingin tetap menggunakan alas edak, pilih yang berwarna satu tingkat lebih rendah dari warna kulit Anda," ujar Ray.

2. Ray menyarankan, hiaslah kelopak mata Anda dengan pemulas berwarna natural kecokelatan. Riasan kelopak mata berwarna ungu muda atau hijau bisa terlihat lebih segar jika bola mata Anda bernuansa cokelat gelap. Jika memiliki bola mata berwarna cokelat muda, gunakanlah warna tembaga atau merah muda.

3. Membuat kontur wajah bukanlah hal yang tidak sarankan, namun akan salah jika Anda mengaplikasikannya terlalu tebal. Untuk menciptakan penampilan yang terlihat lebih muda, cobalah berikan sapuan bayangan lebih gelap (shading) yang mengesankan warna tembaga dengan menggunakan kuas. Ulaslah di bagian pipi, kemudian pulas secara vertikal ke tulang pipi.

4. Jika Anda tidak ingin terlihat seperti badut, jangan fokuskan perona pipi (blush on) hanya di area pipi. Sebaliknya, saran Ray, ulaslah pada wajah mulai dari garis rambut di pelipis, kemudian turunkan hingga ke pipi.

5. Menggunakan lebih dari dua warna pada wajah sangat terlihat mengganggu sekaligus membuat tampilan Anda menjadi artis di era '80-an. "Sebaliknya, pilih warna terang yang sesuai dengan kulit untuk area mata dan bibir serta kombinasikan dengan warna riasan netral kemudian akhiri lewat sentuhan pemulas pipi yang tipis."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com