Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2015, 17:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Mencukur rambut pada wajah, adalah hal lumrah yang dilakukan oleh para pria. Tapi bagaiamana jadinya jika wanita juga disarankan untuk mencukur rambut di wajahnya? Nyatanya, mencukur wajah,  kini disarankan oleh para dermatologis! Hal ini sungguh aneh. Dimana banyak para wanita meyakini, bahwa dengan mencukur sebenarnya merangsang bulu tubuh lebih tebal dan gelap. Contohnya seperti mencukur bulu pada kaki. Namun demikian, dermatologis mengatakan bahwa dengan mencukur bulu wajah, maka penuaan dini dapat dicegah.

Seorang wanita, asal Inggris, Angela (46) mengakui bahwa dirinya mencukur bulu wajahna tiga kali dalam seminggu, dalam delapan tahun terakhir. Baginya hasil perawatan rutin mencukur, sangat menggembirakan. "Perawatan yang murah, memerlukan waktu sebentar, dan tak membuat iritasi kulit. Berbeda ketika melakukan proses laser atau waxing," ujar Angela. "Kalim bahwa bulu pada wajah akan tumbuh lebih tebal dan gelap adalah mitos. Riasan wajah juga menjadi lebih mudah, beberapa produk terserap lebih baik, dan wajah saya dalam kondisi yang luar biasa. Paling halus, dan paling cerah, selama beberapa tahun belakangan," ujar Angela.

Sama seprti pria, wanita sebenarnya juga memiliki bulu pada wajah, yang biasanya lebih halus, dan bewarna lebih cerah. Beberapa wanita beruntung, rambut pada wajahnya memang tak terlihat. Namun beberapa lagi memiliki rambut wajah yang cukup terlihat. Berdasarkan data dari NHS, 75 persen wanita akan mendapati bulu wajahnya terus bertambah seiring dengan usia yang makin menua, terutama setelah menopause.

Dr. Michael Prager, aesthetic clinican, mengatakan "Dari sudut pandang penuaan, mencukur memiliki beberapa efek. Diantaranya, mendorong produksi kolagen, yang dapat mengurangi kerutan. Saat terjadi trauma pada kulit, kolagen menstimulasi sel agar tetap muncul yang baru," Dr. Prager juga membantah bahwa bulu yang dicukur akan cepat tumbuh dan bewarna lebih gelap. "Orang-orang berpikir bahwa bulu terlihat lebih tebal, karena mereka melihatnya dari sudut padang atau cahaya yang berbeda," Diketahui, selebriti legendaris Hollywood seperti Elizabeth Taylor, Marilyn Monroe, bahkan ratu mesir Cleopatra juga mencukur bulu pada wajahnya, agar mendapatkan kulit wajah yang lebih baik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com