Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Akibat bila Tidur Tanpa Menghapus Riasan Wajah

Kompas.com - 10/02/2015, 17:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Ketika Anda sudah sangat lelah sepulang kerja, rutinitas menghapus riasan yang masih menempel di wajah rasanya sangat sulit dilakukan. Tidak jarang para wanita tertidur dengan keadaan riasan masih menempel. Nah, sebenarnya amankah kebiasaan seperti ini?

Menurut James C Marotta MD, dokter spesialis bedah plastik dan pakar perawatan kulit, tidur dengan keadaan tata rias yang belum dibersihkan dari wajah sangat berbahaya bagi kulit. Kebiasaan ini, ungkap Marotta, sangat mengganggu kesehatan kulit.

"Keadaan ini benar adanya karena kulit memperbaiki dirinya sendiri di malam hari ketika kita sedang tidur. Tata rias dapat menyumbat pori-pori Anda dan membuat kulit tidak bisa bernapas," jelas Marotta. 

Tidak hanya itu, Marotta juga mengungkapkan bahwa tidur dalam keadaan tata rias yang masih menempel pada kulit wajah juga memicu timbunya beragam gangguan pada kulit. Beberapa masalah tersebut antara lain warna kulit yang tidak merata, kulit menjadi kering, memerah, timbulnya jerawat, dan bahwa kerutan pada wajah.

"Tidur dengan tata rias masih menempel juga dapat meningkatkan paparan radikal bebas yang memicu kerusakan kolagen dan kulit menjadi menua lebih cepat," ungkap Marotta.

Meskipun Anda hanya mengenakan maskara, Anda juga harus menghapusnya sebelum Anda tidur. Sebab, maskara pun dapat menyumbat folikel, yakni lubang tempat tumbuhnya bulu mata Anda. Ini akan menyebabkan iritasi, peradangan, hingga infeksi maupun kista.

"Jika Anda merasa begitu lelah hingga tidak sanggup membersihkan tata rias, setidaknya bersihkan wajah dengan tisu basah yang khusus untuk membersihkan riaans pada wajah. Meskipun tisu ini tidak menghilangkan setiap partikel alat rias yang menempel, setidaknya langkah ini lebih baik ketimbang tidak melakukan pembersihan sama sekali," imbuh Marotta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com