Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2015, 20:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com – Ternyata bercinta dengan suami tidak hanya bisa dilakukan pada malam hari. Pakar seks Jessica O'Reilly, Ph.D. menyarankan, ada beberapa waktu terbaik bagi Anda dan suami untuk bercinta, sehingga Anda berdua dapat memperoleh kepuasan dan antusias yang lebih besar.

Sebab, bercinta tidak hanya membuat pernikahan Anda lebih harmonis, tapi juga membuat Anda lebih segar, sehat, dan bugar. Yuk, simak waktu-waktu terbaik untuk bercinta dengan suami.

1. Pagi hari.
O'Reilly mengungkapkan, bercinta di pagi hari sangat baik untuk meningkatkan mood Anda dan suami sepanjang hari. Tidak ada salahnya mengawali hari Anda dengan bercinta bersama suami. "Tidak hanya tingkat testosteron dan energi yang meningkat pada pagi hari, namun peningkatan hormon oksitosin membuat ikatan Anda dan suami terus erat, sementara hormon endorfin dapat meningkatkan mood yang baik untuk Anda," jelasnya.

2. Sebelum menjalankan hari yang menegangkan di tempat kerja.
Jika Anda akan menghadapi presentasi yang cukup menegangkan di kantor, tidak ada salahnya sebelumnya berangkat kerja Anda bercinta dulu dengan suami di rumah. Riset menunjukkan, bercinta akan membuat Anda lebih tenang, tekanan darah lebih rendah, dan menurunkan tingkat stres. Studi lain membuktikan orang yang paling tidak stres sebelum berbicara di depan publik adalah orang yang sebelumnya bercinta.

3. Ketika merasa kurang sehat karena pengaruh cuaca.
Sebuah penelitian menunjukkan, bercinta dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh. Nah, ketika Anda merasa cuaca yang tidak menentu akan membuat Anda kurang fit, bercintalah dengan suami.

4. Dua minggu sebelum menstruasi.
Sebuah studi terbaru menemukan bahwa pada periode dua minggu sebelum menstruasi, klitoris membesar hingga 20 persen dan lebih mudah membesar. Artinya, orgasme lebih mudah terjadi pada periode ini. Berarti, tubuh Anda lebih membutuhkan "olahraga" bersama suami pada masa-masa ini.

5. Setelah berolahraga.
Sebuah penelitian yang dilakukan University of Texas di Austin, AS membandingkan reaksi wanita terhadap hal-hal erotis setelah bersepeda selama 20 menit. Peneliti menemukan, aliran darah ke area reproduksi lebih tinggi 169 persen setelah berolahraga. Artinya, tidak hanya tubuh bugar yang Anda peroleh setelah olahraga, namun juga hormon testosteron yang meningkat. Hormon ini adalah hormon seksual yang sangat penting bagi wanita.

6. Setelah melewati hari yang buruk.
O'Reilly menjelaskan, bercinta dan bentuk kasih sayang secara fisik, termasuk bergandengan tangan memperbaiki mood secara signifikan dan mampu menurunkan tingkat stres untuk hari-hari berikutnya. "Tidak hanya itu, kegiatan di atas tempat tidur juga membuat Anda lebih bergairah dan antusias. Asalkan pasangan Anda tidak menjadi pelampiasan kemarahan Anda, bercinta setelah melewati hari buruk bisa menjadi pengalaman yang sangat menggairahkan," ujar O'Reilly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com