Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2015, 10:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Tampak anggun, pintar, memesona, dan mendapat gelar sebagai perempuan tercantik se-Indonesia adalah mimpi sebagian besar perempuan Indonesia. Gelar Putri Indonesia, nyatanya tak semudah yang diimpikan, banyak usaha yang dilakukan sekaligus talenta yang diperlukan untuk mendapat gelar tersebut. Namun, tak ada yang mustahil, jika Anda berusaha dan mencobanya. 

Dalam acara jumpa pers karantina Putri Indonesia 2015, Kompas Female bertanya kepada Ketua Dewan Yayasan Putri Indonesia, sekaligus salah satu juri dalam ajang pemilihan Putri Indonesia, Putri K. Wardhani, adakah kriteria khusus seorang perempuan Indonesia untuk menjadi Putri Indonesia. Kemudian Putri menjawab, "Sebenarnya jawaban ini sering dikatakan klise, tetapi 'Brain, Beauty, and Behaviour' itu yang memang harus dimiliki oleh para kontestan."

Lebih lanjutnya Putri menjelaskan bahwa untuk melihat brain (kecerdasan) dan beauty (kecantikan) para kontestan Putri Indonesia sebenarnya sangat mudah. Para panitia akan melihat kecerdasan setiap finalis lewat aktivitas yang dijalani selama masa karantina. Kecantikan juga sangat mudah dinilai karena dapat dipandang kasat mata. Justru yang menurut Putri paling sulit untuk dilihat adalah beahviour(sifat) yang kadang sudah mendasar pada individu seseorang. 

"Behaviour adalah kombinasi yang membuat brain dan beauty menjadi lebih bersinar. Kalau pendidikan, karier, dan kecantikan para finalis sudah bagus, tetapi sifat yang dimiliki kurang baik, maka hasilnya akan berbeda," ujar Putri. Ketua Dewan Yayasan Putri Indonesia ini juga mengatakan, kalau sampai saat ini menilai sifat seseorang masih menjadi pekerjaan rumah Yayasan Putri Indonesia selama bertahun-tahun karantina Putri Indonesia dilaksanakan.

Untuk mengakali hal tersebut, panitia membagi kontestan menjadi kelompok kecil agar lebih mudah dinilai. Tahun ini, rencananya para kontestan juga akan mengikuti satu hari sesi bersama psikolog, agar dapat dinilai lewat mekanisme psikologi terbaru, yakni dengan memperhatikan sifat kontestan melalui gerak tubuh dan otot wajah. Selain faktor 3B tersebut (beauty, brain, dan behaviour) faktor fisik yang dipertimbangkan untuk menjadi Putri Indonesia adalah: warga negara Indonesia (WNI), berusia 18 hingga maksimal 25 tahun, belum menikah, dan memiliki tinggi badan 170 sentimeter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com