Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Pori-pori Wajah

Kompas.com - 12/02/2015, 16:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Banyak wanita disulitkan dengan masalah pori-pori wajah yang lebar. Penampilan pun jadi terganggu akibat pori-pori yang begitu nyata terlihat.

Masalah ini tak cuma berkutat pada lebarnya ukuran pori-pori, namun juga komedo yang biasanya muncul. Untuk mencegah semakin terlihat, ketahuilah beberapa hal yang menyangkut pori-pori wajah.

1. Pori-pori membesar saat tersumbat.
Jika Anda menyadari pori-pori pada wajah Anda terlihat membesar dan lebih banyak dibanding sebelumnya, ini disebabkan karena pori-pori sedang dalam proses membesar karena tersumbat. Untuk menghilangkan sumbatan pada pori-pori, pastikan Anda mencuci muka 2 kali sehari untuk menghindari minyak dan bakteri pada wajah.

2. Air hangat dapat melonggarkan pori-pori.
Sebelum Anda membersihkan wajah, gunakan kompresan air hangat untuk membuka pori-pori agar kotoran yang menyumbatnya dapat segera terangkat dengan mudah. Anda bisa menggunakan handuk kecil yang sudah direndam air hangat dan letakan handuk tersebut di atas wajah Anda kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu lanjutkan dengan langkah membersihkan wajah.

3. Air dingin atau es dapat menutup pori-pori.
Pori-pori wajah Anda tidak akan menyusut karena air dingin. Namun, mencuci wajah Anda dengan air dingin selama 15 detik setelah membersihkan wajah, dapat membantu mengencangkan pori sekaligus mencegah kemungkinansumbatan karena minyak.

4. Carilah produk pembersih yang mengandung arang atau clay.
Dengan menggunakan produk pembersih yang mengandung bahan alami dan bekerja layaknya magnet, kotoran dapat keluar dari pori-pori wajah dengan mudahnya. Masker berbahan arang dan clay bekerja mengangkat minyak pada wajah, kotoran pada permukaan kulit, hingga bakteri di sekitar pori-pori wajah.

5. Pore strip dapat membantu bersihkan kotoran pada pori-pori.
Menggunakan pore strip atau tempelan pembersih pori-pori, dapat membantu mengurangi kotoran dan  komedo yang terlihat. Sayangnya, strip tidak menghilangkan rambut halus yang biasanya menutup pori-pori.

6. Kertas minyak juga bisa membantu mengangkat minyak pada wajah.
Selain strip, Anda juga bisa menjadikan kertas minyak sebagai alat praktis pengangkat minyak pada wajah. Kertas minyak terbilang efektif untuk menghapus minyak yang keluar dari pori-pori dan dapat membuat wajah tidak lagi mengilap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com