Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2015, 17:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Kopi memang digemari banyak orang dan telah mendunia. Kandungan kafeinnya yang tinggi sangat berguna untuk mereka yang gandrung bekerja hingga larut malam. Sebab, kopi ampuh membuat mereka tetap terjaga.

Seperti kita ketahui bahwa selain dapat mencegah kantuk datang, kopi juga memiliki rangkaian manfaat untuk kecantikan tubuh, terutama bagi Anda yang memiliki keluhan kantung mata. Direktur Pendidikan The Woodhousey Spa Lynda Torrey mengatakan, scrub kopi sangat membantu meminimalisasi hadirnya selulit pada tubuh. Pemijatan dan perawatan kulit dengan cairan kopi juga dapat menstimulasi aliran darah sekaligus mengencangkan kulit. 

Cairan kopi juga dapat dioleskan di daerah sekitar mata. Torrey menyarankan untuk mengonsumsi kopi pada pagi hari dan sisihkan sedikit untuk didinginkan. Setelah dingin, aplikasikan cairan kopi di bagian bawah mata yang berkantung dan kelopak mata. Bilaslah dengan air dingin setelah 20 menit.

Mengutip Daily Makeover, kopi yang dibentuk menjadi es batu dapat digunakan untuk meremajakan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah ke area wajah. Ambillah satu bongkah kopi yang sudah menjadi es batu dan usapkan lembut ke area sekitar mata, termasuk struktur tulang wajah Anda setiap pagi. Kopi juga diyakini dapat membantu kulit Anda menjadi lebih sehat, cerah, dan terlihat segar.

"Kopi adalah bahan untuk mengelupas kotoran yang baik pada tubuh. Biji kopi mengandung caffein acid yang dapat meningkatkan produksi kolagen," ujar Torrey.

Lalu, bagaimana memanfaatkannya? Torrey menjelaskan, buatlah campuran yang terdiri dari dua sendok makan yogurt murni dengan dua sendok makan kopi bubuk. Aplikasikan ke wajah yang telah dibersihkan dan diamkan selama 15 menit. Kafein yang terkandung pada kopi akan menstimulasi kulit, memperbaiki sirkulasi, dan membuatnya lebih berseri.

Itulah beberapa manfaat kopi bagi kecantikan tubuh Anda. Caranya pun cukup sederhana dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com