Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2015, 17:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com –Tampil pertama kali untuk publik dalam sampul depan majalah People, bayi penyanyi Christina Aguilera yang baru berusia 6 bulan diributkan. Topik ini muncul, karena setelah diperhatikan secara seksama, bayi perempuan bernama Summer Rain ini memiliki warna mata yang sangat biru, dan kulit seputih porselen.

Para pengguna media sosial, termasuk blogger  kontan bereaksi akan foto bayi Aguilera. Salah seorang pengguna Twitter, Bettina sempat mengunggah komentarnya, "Bayi yang sangat lucu. Tetapi apakah benar matanya sangat biru seperti pada sampul majalah? #Photoshop. Terimakasih telah berbagi foto." Kemudian ada pula akun lainnya, Ninboy yang berkicau " Penggunaan Photoshop yang sungguh MAKSIMAL."

Susie Boone, Editor dari BBC Parenting dan Practical Parenting Magazine, mengatakan kalau foto tersebut bisa saja memang asli, "Ada tantangan nyata ketika membuat foto sampul depan majalah di sebelah orang dewasa. Bayi seringkali memiliki warna kulit yang berbeda," jelas Boone. Ia juga mengatakan bahwa dengan tekstur kulit bayi yang halus, mempengaruhi pantulan cahaya pemotretan, sehingga menimbulkan warna kulit yang berbeda saat disandingkan dengan kulit orang dewasa. 

"Bayi yang masih sangat kecil, biasanya memiliki warna kulit yang lebih pucat dari orang tuanya. Apalagi selebriti yang memilki kulit cenderung cokelat. Hal tersebut bisa menyebabkan pencahayaan yang terlihat berbeda pada tiap wajah, hingga menimbulkan kesan tak alami," ujar Boone. Namun demikian ia tak memungkiri jika memang ada beberapa teknik yang dilakukan beberapa majalah, untuk membuat tampilan mata lebih bersinar pada obyek di sampul depan. "Mata biru dapat terlihat lebih intens, dan putih pada bagian mata akan jadi lebih putih. Hal tersebut membuat wajah terlihat seperti olahan airbrushed. Disamping itu, ada pula bayi yang memang memiliki kecenderungan kulit seperti porselen dan warna mata yang cerah."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com