Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2015, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber askmen
KOMPAS.com — Anda yang telah menjalani hubungan dengan serius bersama pasangan tentu ingin segera melanjutkannya ke jenjang pernikahan. Sebab, masa pacaran yang Anda lewati bersama merupakan sarana untuk mengenal pasangan Anda sebelum akhirnya berkomitmen menjadi pasangan suami dan istri.

Namun, banyak pula yang merasa belum siap melangkah ke jenjang pernikahan. Nah, sebenarnya apa saja tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda telah siap untuk membina rumah tangga dalam ikatan pernikahan? Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari situs AskMen.

1. Anda dan pasangan sependapat dalam hal-hal mendasar.
Robyn Swider, seorang pengatur jodoh pada situs ThreeDayRule.com menjelaskan, penting bagi Anda dan pasangan untuk sependapat dalam hal-hal yang bersifat fundamental. Swider menganjurkan hal-hal yang penting untuk Anda setujui bersama, seperti tempat tinggal Anda kelak, keuangan, dan anak-anak, sebelum melangkah ke tahap pernikahan.

"Ada beberapa topik yang mungkin diremehkan oleh banyak pasangan, tetapi akan menjadi kenyataan saat menikah. Jangan mengasumsikan bahwa pasangan akan berubah seiring berjalan waktu. Pertimbangkan apakah Anda akan menerima kebiasaan buruknya atau tidak," ujar Swider.

2. Anda tahu bagaimana berkomunikasi meski tengah bertengkar.
Pasangan yang paling harmonis pun terkadang terlibat dalam pertengkaran. Namun, jika Anda dapat mengomunikasikannya dengan baik, pertengkaran pastilah dapat dihindari seminimal mungkin. 

"Pasangan yang baik dapat mengatasi masalah mereka secara konstruktif. Penting bagi kedua belah pihak untuk mengetahui bagaimana mengekspresikan diri sendiri, mendengarkan pendapat pasangannya, dan berkompromi untuk mempertahankan hubungan," ujar Swider.

3. Anda siap secara finansial.
Ada yang mengatakan bahwa rezeki sudah diatur oleh Tuhan. Akan tetapi, banyak orang yang merasa ragu untuk meminang pasangannya karena ia belum siap secara finansial. Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan?

"Mulailah menabung sedini mungkin, sebelum akhirnya meminang. Memasuki kehidupan pernikahan memang kadang terasa mendebarkan dan membuat stres, tetapi jika dipersiapkan dengan matang pasti akan berjalan dengan baik," ungkap Swider.

4. Anda merasa bahagia bersama pasangan.
Tidak perlu merasa bahwa kebahagiaan hanya akan diraih jika Anda bersama pasangan yang rupawan, kaya, dan sempurna. Sebelum Anda bahagia bersama pasangan, pikirkanlah apakah Anda bahagia dengan kehidupan yang Anda jalani saat ini dan kebahagiaan akan bertambah bila Anda bersama pasangan Anda.

"Hubungan dapat dikatakan siap untuk dibawa ke tahap selanjutnya apabila kedua pihak hidup dengan bahagia. Penting bagi kedua pihak untuk tidak terlalu bergantung, tetapi bisa saling mendukung satu sama lain," kata Swider.

Nah, apakah Anda sudah merasa bahagia dengan pasangan Anda saat ini? Jika Anda, pasangan, dan hubungan yang dijalani saat ini telah memenuhi beberapa kriteria seperti di atas, ada baiknya Anda mulai menentukan tanggal untuk menyelenggarakan pernikahan. Selamat merencanakan!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com