Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2015, 15:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Setelah hadir di beberapa negara di Asia, seperti Singapura, Thailand, Taiwan, India, Korea, dan negara lainnya, kini aplikasi berkenalan via online, Paktor, hadir di Indonesia. Baru saja diluncurkan, Paktor yang memiliki arti dari bahasa Hokkien yakni Going On a Date menawarkan kemudahan untuk berkenalan dengan teman-teman baru, lewat aplikasi mobile.   

Berbeda dengan aplikasi pencari teman lainnya, Paktor mengutamakan keamanan serta kenyaman para penggunaanya. Hal ini disampaikan langsung oleh Josep Phua sebagai penemu sekaligus CEO Paktor Pte. Ltd., saat acara ramah tamah beberapa waktu lalu.
"Kami paham masyarakat Indonesia memiliki cara berbeda ketika mencari teman baru. Oleh karena itu, kami mengembangkan aplikasi pertemuan dan perkenalan teman baru yang mempertimbangkan karakteristik ini lewat fitur ektrsa keamanan dan perlindungan pribadi," ujarnya.

Phua menjelaskan bahwa di Paktor, para pengguna dapat dengan leluasa memilah teman lewat filter yang disediakan, yakni lewat filter jenis pekerjaan, tingkat pendidikan, tinggi badan, jarak, serta negara di menu pengaturan. Salah seorang staf untuk Paktor di Indonesia juga mengatakan nantinya, khusus di Indonesia, filter akan ditambahkan, yakni dengan filter agama yang dianut atau religion. Hal ini dilakukan lantaran banyaknya permintaan pengguna Paktor dari Indonesia yang menginginkan ditambahkannya filter agama tersebut. 

Saat ditemui tim Kompas Female, staf Paktor mengatakan bahwa mereka mengerti banyak diantara orang Indonesia yang masih beranggapan negatif berkenalan dengan orang baru dari dunia maya, baik itu karena faktor privasi, maupun keamanan. Maka dari itu, beberapa filter dimunculkan untuk mencegah akun palsu yang bertujuan buruk. Paktor memberikan pengaturan khusus dimana pengguna hanya dapat menggunakan Paktor apabila akun sudah tersinkronisasi dengan akun Facebook yang memiliki pertemanan minimal 50 orang. Untuk menggunakan Paktor, Anda dapat langsung mengunggahnya di aplikasi smartphone lewat sistem android ataupun ios.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com