Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tren Warna Musim Gugur dari Pekan Mode New York 2015

Kompas.com - 17/02/2015, 18:00 WIB
Alvin Dwipayana

Penulis

Sumber WWD

KOMPAS.com  - Pekan mode dunia yang diawali di New York minggu kemarin menghadirkan kesamaan garis desain dalam siluet gaya '70-an. Warna yang dihadirkan desainer dunia pun terlihat lebih bersahasaja dalam palet nuansa alami yang lembut.

Tidak hanya seolah terjebak dalam mesin waktu, desainer yang mempresentasikan karyanya di perhelatan paling ditunggu insan mode tersebut seakan memanfaatkan momen penting yang sedang bergejolak selama satu dekade ini. Baik dari bidang ekonomi yang sempat mengalami krisis, perselisihan internasional hingga perubahan iklim yang terjadi.

Leatrice Eiseman, executive director dari Pantone Color Institue berujar,"Meski bidang ekonomi mengalami kenaikan, masih banyak masyarakat yang merasa tidak aman dengan peristiwa-peristiwa signifikan, baik secara politik maupun ekologi. Eiseman juga menambahkan,"Tren dari tahun '70-an yang dadaptasi hampir semua desainer dimana merupakan saat resesi awal dekade ini, terdapat ketertarikan publik juga terhadap pelesatarian alam. Memanfaatkan warna alami memberi sentuhan baru pada dasar ide yang mereka miliki. Mirip seperti yang dibutuhkan masyarakat di tahun '70-an."

Menurutnya, ide para desainer secara tidak langsung mewakili keinginan khalayak banyak yang mencari keseimbangan dalam segala hal. Palet yang dihadirkan berikut tidak terlalu menampilkan nuansa lembut yang terlalu lembut ataupun terang yang super menyala. Malah berada pada level diantaranya dengan sedikit sentuhan eksperimental. "Anda dapat melihat sejumlah ketenangan dan kepercayaan dari tren warna ini," ujar Eiseman. "Konsumen ingin merasa nyaman, lebih seimbang dan tidak begitu abstrak. Ini adalah lanskap warna berkembang dalam evolusi yang lebih halus."

Mengacu pada gaya '70-an, kekuatan gaya androgini seakan meresap pada palet warna musim gugur untuk perempuan maupun laki-laki hingga diturunkan menjadi 10 warna utama. "Selain dari fakta bahwa tren warna berikut bersifat uniseks, pilihan warna ini juga cukup berbeda untuk mendapatkan sebuah keseimbangan yang sempurna," tambah Eiseman.

Inilah kunci warna utama untuk tren musim gugur 2015. Semoga bisa menjadi inspirasi dalam beberapa bulan ke depan!

WWW.WWD.COM Anda dapat melihat sejumlah ketenangan dan kepercayaan dari tren warna ini.
WWW.WWD.COM Ide para desainer secara tidak langsung mewakili keinginan khalayak banyak yang mencari keseimbangan dalam segala hal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com