Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2015, 09:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Kulit berminyak merupakan masalah bagi sebagian wanita. Tak hanya mengganggu penampilan, namun masalah ini dapat memicu timbulnya masalah lain seperti komedo, noda putih, hingga tata rias yang tak menempel sempurna pada kulit. Beragam produk untuk mengatasi masalah kulit berminyak pun hadir, namun Anda harus teliti dalam memilih agar masalah kulit ini tak bertambah rumit. 

Nah, sebenarnya menuntaskan masalah kulit berminyak tidaklah sulit, asalkan Anda teliti dan rutin merawat kulit Anda. Berikut beberapa kiat mudah dalam menuntaskan masalah kulit berminyak. 

1. Ketahui jenis kulit. 
"Kulit berminyak biasanya diikuti oleh peningkatan ukuran pori-pori, kulit menjadi mengilat, dan berpotensi munculnya komedo, jerawat, serta noda putih. Ada juga kondisi kombinasi yang mana sebagian area wajah memiliki karakteristik kulit berminyak, namun di area lain terlihat atau terasa kering. Kondisi ini sering disebabkan masalah dermatitis," ujar Dr. David Orentreich, dermatolog dari Clinique.

2. Kenali penyebab timbulnya minyak dan jerawat. 
Menurut dermatolog Dr. Fredric Brandt, timbulnya minyak belum tentu diikuti pula dengan munculnya jerawat. Namun, apabila Anda mengalami iritasi kulit karena rutinitas membersihkan wajah sehari-hari, maka produksi minyak akan berlebih yang memicu timbulnya jerawat.

"Percaya atau tidak, kebersihan atau kotoran pada kulit tidak memicu munculnya noda atau luka pada wajah, namun yang menyebabkan adalah kelenjar pada kulit yang terlalu aktif. Kulit harus dibersihkan dua kali sehari dengan sabun lembut, lalu dikeringkan, dan diberi pengobatan yang sesuai," jelas Dr. Brandt.

3. Teliti dalam membeli produk pembersih.
Anna Prilutsky, Direktur Senior Global Skincare Franchise R&D Johnson & Johnson mengungkapkan, pembersih yang keras akan menyebabkan kulit menjadi sangat kering. Ini akan memicu produksi minyak meningkat untuk melindungi kulit kering. 

"Ini akan membentuk sebuah siklus, sehingga penting untuk memilih sabun pembersih wajah secara bijaksana. Saya menyarankan untuk menggunakan sabun pembersih yang lembut pada wajah dua kali sehari," terang Prilutsky. 

4. Ubah kebiasaan. 
Dr. Orentreich mengungkapkan, menggunakan produk yang menyebabkan kulit kering, kuas pembersih yang terlalu keras, toner, produk yang mengandung alkohol, dan beberapa obat resep dapat menyebabkan kulit kering. "Gunakan produk yang mencegah timbulnya noda, yang mengandung asam salisilat untuk membantu mengurangi dan menghilangkan jerawat," imbuh dia. 

5. Perhatikan Produk Bebas Minyak 
"Menggunakan pelembab bebas minyak tidak menjamin pori-pori akan tetap bersih. Sebab, pori-pori pun dapat tersumbat karena produksi minyak pada kulit sendiri. Sejumlah minyak diproduksi secara alami oleh kulit, namun minyak berlebih dapat menyebabkan jerawat," ungkap Dr. Orentreich. 

Demikian beberapa hal yang dapat Anda perhatikan untuk menuntaskan masalah kulit berminyak Anda. Intinya, bersihkanlah wajah secara rutin dan teliti dalam membeli produk perawatan kulit. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika sudah mulai timbul masalah!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com