Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria dengan Kaki Diamputasi Menjadi Model "Catwalk"

Kompas.com - 21/02/2015, 12:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber People
KOMPAS.com - Saat usianya masih 16 tahun, kaki kanan Jack Eyers harus diamputasi. Namun, meski kehilangan satu kakinya, Jack tetap mampu menjajal lantai peraga pada Pekan Mode New York. Model berusia 25 tahun asal Inggris ini memperagakan busana rancangan Antonio Urzi pada FTL Moda Show bersama model-model disabilitas lainnya. 

"Semua ini rasanya sangat sureal. Saya tidak percaya ini benar-benar terjadi. Menjadi model pria pertama dengan kaki yang diamputasi pada ajang Pekan Mode New York adalah hal yang sangat luar biasa," ungkap Jack.

Menurut Jack, menjadi model dengan kaki yang diamputasi bukan hal yang mudah. Akan tetapi, ia tetap berjalan dengan penuh percaya diri. Sebab, ia ingin menunjukkan pada dunia bahwa menjadi kaum disabilitas bukan berarti tidak bisa melakukan banyak hal, termasuk menjadi model dan berjalan di atas catwalk. 

"Saya ingin menunjukkan bahwa memiliki cacat fisik bukan berarti Anda tidak bisa apa-apa. Saya ingin orang-orang melihat saya dan menyadari bahwa harus ada model-model penyandang cacat yang memeragakan busana di lantai peraga," imbuh Jack. 

Jack lahir dengan kondisi yang dinamakan dengan proximal femoral focal deficiency yang menghambat pertumbuhan kaki. Saat masih duduk sekolah dasar, ia adalah korban intimidasi. Saat usianya tujuh tahun, ia ingin kakinya segera diamputasi, namun ia harus menunggu sampai pertumbuhan kakinya berhenti. "Rasanya seperti ada setan yang menggelayuti tubuh saya. Ketika akhirnya kaki saya diamputasi, saya merasa seperti terlahir kembali," imbuh Jack.

Setelah mengetahui tentang Model for Diversity, Jack memutuskan untuk masuk dunia modeling dan kini ia pun dinominasikan untuk menerima penghargaan Man of the Year oleh majalah Men's Health. "Saya ingin orang-orang melihat bahwa para model penyandang disabilitas juga mampu berada di sebuah peragaan busana," sebutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber People
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com