Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Bercinta Bagi Anda yang Sering Sakit Punggung

Kompas.com - 21/02/2015, 22:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pasangan suami istri, bercinta adalah rutinitas yang paling ditunggu-tunggu. Akan tetapi, bagaimana jika bercinta menjadi hal yang ditakuti karena sebelumnya sudah membayangkan sakit punggung ketika bercinta dengan suami? 

Bagi banyak wanita, mencari posisi bercinta yang tepat adalah salah satu cara untuk menghindari nyeri di bagian punggung. Selama ini posisi spooning (berdampingan dengan posisi perempuan berada di depan) dianggap sebagai posisi terbaik untuk para penderita sakit punggung, lantaran posisi ini dapat mengurangi tekanan pada syaraf dan beban pada otot. Ternyata menurut para peneliti di Waterloo University, posisi spooning tidak sepenuhnya manjur bagi para penderita sakit punggung, baik pria maupun wanita. 

Melalui eksperimen berteknologi tinggi, mereka mengamati posisi bercinta terbaik untuk menghindari sakit punggung pada pria maupun wanita. Kepala riset Profesor Stuart McGill dan rekan-rekannya mengamati 10 pasangan yang bercinta dengan lima macam posisi menggunakan inframerah dan sistem deteksi gerak elektromagnetik yang mengukur pergerakan tulang punggung baik pada partisipan pria maupun wanita. Hasilnya, para peneliti berhasil memberikan saran kepada para pasangan terkait posisi bercinta yang terbaik untuk mereka yang mengalami sakit punggung.

"Wanita yang mengalami sakit punggung saat melengkungkan punggung atau saat berbaring dengan perut, sebaiknya bercinta dengan posisi missionary (posisi laki-laki di atas dan perempuan di bawah, saling berhadapan) dengan menggunakan bantal untuk menyangga punggung," Profesor McGill. 

Adapun bagi mereka yang kerap mengalami sakit di area punggung saat menyentuh jari kaki atau duduk terlalu lama dapat bercinta dengan posisi spooning atau bertumpuk membelakangi (doggy style). Untuk menahan berat tubuh saat melakukan posisi ini, para ahli menyarankan Anda untuk menyangga tubuh dengan tangan dan bukan dengan siku.

Profesor McGill mengungkapkan, banyak pasangan memilih untuk tidak bercinta karena nyeri di bagian punggung yang dapat menyerang pada saat atau setelah bercinta. Sayangnya, hingga kini belum banyak rekomendasi yang berdasarkan riset bagi para pasangan ini. 

Nah, penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa ada posisi bercinta yang sesuai untuk Anda yang sering menderita sakit punggung. Dengan demikian, Anda dan pasangan tidak perlu takut lagi untuk bercinta! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com