Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Pesta Ulang Tahun Anak Berkesan? Orangtua Dituntut Kreatif

Kompas.com - 22/02/2015, 17:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com –- Jangan heran melihat orangtua muda yang sering panik menjelang hari ulangtahun sang buah hati. Pasalnya,  bagi anak, pesta ulang tahun merupakan momen istimewa yang bisa menjadi kenangan terbaik saat mengenang kembali masa kecil mereka. 

Anda yang tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan pesta ulangtahun untuk anak,  tidak perlu teralu khawatir dan bingung. Sebab, kini sudah banyak perencana pesta atau party organizer yang memfokuskan diri untuk merencanakan dan menggelar pesta untuk anak-anak, seperti acara ulang tahun, akekah, baby shower, dan perayaan lainnya untuk anak-anak.

Salah satu perencana pesta ulangtahun anak yang sedang naik daun adalah Mom’s Poppins.  Sejauh ini, Mom’s Poppins telah sukses dipercaya sejumlah nama besar di kancah sosialita Jakarta untuk merencanakan dan menghelat pesta ulangtahun anak mereka.   

Lewat wawancara dengan Kompas Female, Natasha, Owner, Mom’s Poppins mengatakan bahwa selain anggaran yang cukup, salah satu faktor penting dalam menggelar pesta ulangtahun anak adalah kreativitas orangtua.

Natasha mengaku bahwa Mom’s Poppins  sejak awal memang mengkhususkan diri untuk mempersiapkan pesta untuk anak. Dalam merencanakan konsep pesta hingga hari H, seperti misalnya pesta ulang tahun, kata Natasha,  normalnya diperlukan waktu persiapan dan produksi selama tiga bulan hingga satu bulan.

"Kalau untuk ulang tahun anak, kita pernah mempersiapkan hanya dalam waktu empat hari. Normalnya, memang paling enak tiga bulan sebelumnya. Jadi, kita sempat mempersiapkan, membeli macam-macam pernak-pernik dan propertinya. Sebab, ada beberapa props yang  nantinya kita buat  DIY atau do it yourself sih," ungkap Natasha.

Kemudian, Natasha juga mengatakan bahwa dalam merencanakan pesta ulang tahun anak, diperlukan kreativitas orang tua. Sebab, apabila anak yang berulangtahun masih usia balita, tentunya belum bisa  mengungkapkan konsep pesta ulang tahun yang diinginkan. Oleh karenanya, pihak party organizer akan menanyakan konsep apa yang dikehendaki oleh orangtua berdasarkan kegemaran dan hobi anak.

"Kalau anaknya masih umur satu tahun, maka konsep berangkat dari ibu dan ayahnya mau pesta yang seperti apa. Pada umumnya untuk pesta anak umur 1 tahun, tema unik datang dari orang tuanya. Bapak ibunya biasanya aku tanya, sukanya apa," jelasnya.

Kemudian, konsep yang muncul dari orangtua tersebut nantinya akan disesuaikan dengan tema anak-anak. Sebab, tak sedikit orangtua yang menginginkan tema pesta yang kurang sesuai dengan dunia anak.  Menurut Natasha, disinilah peran party organizer untuk mengarahkan konsep pesta, supaya selaras dan berkaitan dengan dunia anak.

"Kita pernah buat tema James Bond party, padahal anaknya yang ulang tahun itu perempuan. Jadi, saya switch temanya jadi Bunny Girl James Bond Party. Bunny Girl-nya kita buat nuansa anak-anak. Kita tidak bikin jadi kinky, tapi jadi lucu," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com