Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketimbang Main "Gadget," Hi5 Ingin Anak-anak Bermain dan Berinteraksi

Kompas.com - 22/02/2015, 18:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Di masa modern seperti saat ini, tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun telah akrab dengan berbagai perangkat komunikasi elektronik. Banyak pihak mengungkapkan, kondisi anak-anak yang telah "kecanduan" perangkat komunikasi elektronik ini dapat menghambat interaksi dan aktivitas mereka sebagai anak-anak.

Hi5, grup musik yang tampil di program televisi khusus untuk anak-anak usia dua hingga delapan tahun pun mengaku bahwa saat ini anak-anak telah sangat akrab dengan teknologi. Para anggota Hi5, yakni Mary, Stevie, Dayen, Ainsley, dan Tanika mengatakan, kondisi ini menjadi salah satu latar belakang mereka hadir di tengah anak-anak.

"Memang, kita melihat ada evolusi yang terjadi pada anak-anak. Mereka sangat akrab dengan teknologi, mereka bisa berfoto selfie. Itu luar biasa," ujar Stevie pada konferensi pers Hi5 Star Hits di Gandaria City, Selasa (17/2/2015).

Melihat kondisi seperti itu, lanjut Stevie, maka peran Hi5 adalah mencoba untuk menjauhkan anak-anak dari layar gadget. Sebaliknya, dengan menonton pertunjukan Hi5 lewat televisi, anak-anak dapat terdorong untuk melakukan interaksi dengan teman sebayanya dan melakukan aktivitas yang mendukung tumbuh kembang mereka.

"Penting untuk memiliki program seperti Hi5 agar mereka tidak di depan layar gadget terus-menerus. Sebaliknya, mereka menyanyi, menari, berinteraksi. Ini pesan pentingnya. Tidak bisa dihindari, Anda pasti akan berinteraksi dengan teknologi. Teknologi kadang membuat kita lupa interaksi dengan orang lain," ungkap Stevie.

Pada kesempatan yang sama, Tanika yang merupakan anggota baru Hi5 mengakui, grup musiknya ini hadir karena anak-anak. Mereka pun terinspirasi oleh dunia anak yang selalu penuh dengan kebahagiaan, keceriaan, dan penuh warna. Oleh karenanya, mereka pun ingin menjadi inspirasi bagi anak-anak.

"Anak-anak adalah idola kami. Anak-anak sangat enerjik dan penuh dengan kegembiraan. Kita ini seperti big kids di panggung. Pertunjukan dan penampilan kami berdasarkan gaya anak-anak. Kami melakukan hal yang membuat kami bahagia, tertawa, dan berinteraksi dengan anak-anak," terang Tanika.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com