Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2015, 15:00 WIB
Silvita Agmasari,
Alvin Dwipayana

Tim Redaksi

Sumber The Mirror

KOMPAS.com - Para peneliti mengatakan bahwa ketika seorang perempuan memiliki tipe kepribadian di bawah ini, ia pasti akan terhindar dari penyakit mental, seperti stres atau depresi. Hal ini dibuktikan lewat penelitian langsung, bagaimana kepribadian dapat berpengaruh pada penyakit mental yang menyerang. Para peneliti meneliti satu grup perempuan dari Inggris dengan informasi kepribadian masing-masing individual. Hasilnya, perempuan yang memiliki kepribadian di bawah ini, ternyata sangat sulit terkena dampak penyakit mental. Sayangnya, hal ini tak berlaku bagi kaum pria. Apakah tipe kepribadian tersebut?

Perempuan yang lebih mudah menerima

Dalam ranah psikologi, orang yang lebih menerima diidentifikasikan sebagai orang yang hangat dan baik. Perempuan yang memiliki tingkat penerimaan tinggi, ternyata memiliki keuntungan, yakni sangat sulit terkena dampak dari penyakit mental. Penulis Robert Rosenman mengatakan hal ini bisa terjadi karena biasanya perempuan yang lebih mudah menerima memiliki hubungan atau dukungan yang kuat dari relasi, dan orang-orang disekitarnya.

Perempuan yang tak terorganisir

Ternyata memiliki sifat kurang teliti, dan tak terorganisir memiliki keuntungan tersendiri bagi perempuan. Para psikolog menggolongkan bahwa ketelitian adalah sebuah kontrol terhadap diri sendiri, dan terorganisir dengan sebuah keinginan akan pencapaian. Perempuan yang memiliki skala ketelitian yang rendah, ternyata dapat terhindar dari penyakit mental. 

Rosenman mengatakan bahwa orang yang terorganisir, biasanya tak akan mengontrol kehidupan sehari-harinya. "Mereka merasa tidak perlu mengontrol hal apapun. Jadi mereka tak akan terkena bahaya penyakit mental seperti perempuan lainnya."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com