Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebaiknya Para Ibu Jangan Dandani Anak Mirip Orang Dewasa

Kompas.com - 26/02/2015, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com — Salah satu hal paling mengasyikkan memiliki anak perempuan adalah ibu bisa mendandani si kecil dengan aksesori yang menggemaskan. Oleh karena sangat mengasyikkan, banyak ibu yang “kebablasan” menata penampilan si kecil menjadi mirip orang dewasa. Apakah ini dianggap lumrah?

Lala Sirait, seorang fashion stylist untuk busana anak, menyatakan bahwa dunia anak merupakan galaksi yang penuh warna, keceriaan, dan kegembiraan. Oleh karena itu, busana ataupun aksesori yang dikenakan anak harus sesuai dengan usia dan karakter mereka, jangan sampai terlihat tua seperti orang dewasa.

Beberapa faktor yang sebaiknya diperhatikan orangtua dalam memilih busana untuk anak antara lain warna, model, dan materialnya. Sebab, kenyataannya banyak busana anak yang terinspirasi dari tren mode orang dewasa, terkadang materialnya pun tidak memperhatikan kenyamanan anak.

"Kalau untuk anak, kita harus ingat bahwa anak adalah anak. Karakter anak adalah ceria, fun, dan energik. Pemilihan warnanya pun harus warna-warna yang fun, warna-warna yang cerah," tutur Lala di sela-sela acara peragaan busana koleksi Spring/Summer 2015 Mothercare di Palalada Restaurant, Rabu (25/2/2015) petang.

Lala menjelaskan, dalam memilih busana untuk anak-anak, orangtua harus cermat memilih material yang sesuai dengan aktivitas anak. Tujuannya agar anak tetap merasa nyaman dan terhindar dari iritasi maupun gatal lantaran material yang keras atau kasar. Busana yang nyaman dan aman adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan oleh orangtua.

"Jangan demi fashion kita pilih bahan lace yang tidak dilapisi dan kasar, yang akan membuat gatal. Busana yang tidak nyaman akan berpengaruh ke mood mereka. Mereka jadi cranky. Pastikan kenyamanan adalah yang utama," ujar Lala.

Bagaimana dengan busana yang seragam antara orangtua dan anak? Lala mengungkapkan, menyeragamkan busana anak dengan orangtua sah-sah saja. Namun, sebaiknya model dan materialnya jangan benar-benar sama. Sebab, ada beberapa model busana orang dewasa yang tidak cocok untuk anak-anak.

"Banyak fashion anak yang mengadaptasi dari fashion orang dewasa. Model busana mini me kadang tidak cocok. Jangan betul-betul sama. Untuk anak, pilih model yang sederhana tapi nyaman, misalnya kalau rok, bisa pakai potongan A-line. Poin yang arus diingat adalah karakter anak, yang cocok di orangtua belum tentu cocok di anak," terang Lala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com