Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Hadir Krim untuk Menghilangkan Tato Permanen

Kompas.com - 27/02/2015, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini tato sudah menjadi gaya hidup dan bahkan menjadi atribut fashion. Namun, tato permanen yang menempel di tubuh tidak mudah untuk dihilangkan. Selain memakan biaya yang cukup mahal, prosesnya pun makan waktu dan membuat nyeri. Di samping itu, proses menghilangkan tato dengan laser pun kerap meninggalkan bekas.

Namun kini Anda bisa bernapas lega, sebab seorang ilmuwan dari Dalhousie University di Nova Scotia tengah mengembangkan sebuah krim untuk menghilangkan tato. Mahasiswa program PhD bernama Alec Falkenham mengembangkan krim yang diaplikasikan layaknya pelembab untuk membantu proses menghilangkan tato permanen. 

Dengan krim ini, maka Anda yang memiliki tato tak perlu injeksi, laser, atau merasakan sakit. Cara kerja krim ini adalah dengan membunuh sel-sel yang berisi tinta tato tanpa menyentuh sel-sel lain yang normal. Tidak seperti proses menghilangkan tato dengan laser, Anda tak perlu mengalami iritasi atau gatal setelahnya. 

Saat ini produk krim tersebut masih dalam tahap uji coba, namun progresnya sangat menjanjikan. Falkenham mengestimasi perawatan dengan krim ini hanya membutuhkan biaya sekitar 5 dollar AS atau setara sekitar Rp 65.000 untuk tato berukuran 1,5 inci dan akan bekerja efektif pada tato yang berusia di atas dua tahun. 

Di Amerika Serikat sendiri, saat ini telah muncul beberapa produk krim yang berfungsi serupa, namun Anda jangan mudah mempercayai klaim produk tersebut. Sebab, hingga kini belum ada satu pun produk penghilang tato yang memperoleh izin dari Otoritas Pengawas Obat Federal.

Selain itu, Mayo Clinic pun memperingatkan bahwa produk-produk tersebut tidak sepenuhnya ampuh menghilangkan tato dan malah memicu masalah lain pada kulit. Oleh sebab itu, pertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk menghiasi tubuh Anda dengan tato. Sebab, menghilangkan tato bukanlah proses yang mudah, murah, dan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com