Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memelihara Hewan Peliharaan Kini Lebih dari Sekadar Hobi

Kompas.com - 28/02/2015, 12:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Banyak cara untuk menyalurkan kegemaran dan memanfaatkan waktu senggang, salah satunya dengan memelihara hewan peliharaan, seperti anjing maupun kucing. Selain menjadi hobi yang menarik, berinteraksi dengan hewan peliharaan pun ampuh mengusir stres dan rasa kesepian. 

Menurut Lia Kurtz, pencinta kucing sekaligus pemilik kafe kucing Cutie Cats Cafe, memelihara hewan peliharaan saat ini sudah lebih dari sekadar hobi. Memelihara hewan peliharaan merupakan sebuah gaya hidup tersendiri yang mempu memberikan kepuasan. Namun, pada dasarnya memelihara hewan khususnya kucing tidaklah mudah.

"Memelihara kucing itu gampang-gampang susah. Sebelum memelihara kucing, ada banyak pertimbangan yang harus kita pikirkan," ujar Lia di sela-sela peresmian Cutie Cats Cafe di Kemang, Kamis (26/2/2015).

Lia menjelaskan, tidak hanya biaya yang harus diperhatikan, tetapi sebagai pemilik, Anda pun harus memiliki komitmen yang kuat agar kesejahteraan hewan peliharaan Anda terus bergulir. Jangan sampai Anda memelihara hewan peliharaan hanya untuk pamer atau sekadar mengikuti tren.

"Harus dipikirkan secara detail, tempat yang disediakan bagaimana, pilihan makannya, kalau nanti mau dikawinkan dan memiliki anak, apakah anaknya mau dipelihara juga atau tidak. Selain itu, kesehatannya juga harus diperhatikan. Vaksinasinya harus teratur, grooming (pemeliharaan) untuk bulu, kumis,, dan kuku juga harus rutin dilakukan. Banyak macamnya, karena kesehatan binatang peliharaan itu penting untuk kelangsungan hidup mereka," terang Lia. 

Pada kesempatan yang sama, Andrea Deierlein, Director of Marketing & Communications Groovy Indonesia, mengatakan, terdapat perkembangan dan kemajuan yang sangat signfikan dalam pemeliharaan hewan-hewan peliharaan seperti anjing dan kucing di Indonesia dalam lima tahun terakhir. Tentu hal ini adalah hal yang menggembirakan, yang berarti kepedulian masyarakat terhadap hewan semakin meningkat.

"Ini karena masyarakat semakin mengerti dan memahami bagaimana sebenarnya tata cara memelihara hewan peliharaan. Mereka semakin tahu dengan adanya informasi yang begitu banyak. Ini sangat menggembirakan karena hewan-hewan semakin sejahtera," ujar Andrea ketika berbincang bersama Kompas Female.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com