Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2015, 17:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Mirror

KOMPAS.com - Seniman kontroversial asal Swiss, Milo Moire (32) melakukan aksi penuh kontroversial dengan berjalan telanjang keliling Museum, sambil menggendong seorang bayi. Hal ini dilakukan oleh Moire di LWL Museum for Art and Culture yang bertempat di kora Muenster, Jerman. Sontak kelakuan Moire ini membuat para pengunjung museum kebingungan dan terkejut dengan aksi Moire tersebut. Pasalnya, tak sedikit pula para pengunjung yang membawa anak-anaknya untuk melihat pameran seni yang sedang berlangsung tersebut. 

Salah seorang pengunjung bernama Anke Lange (30) yang merasa terganggu dengan aksi Moire ini mengatakan, "Saya sangat mencintai segala ekspresi dan alternatif pada seni. Tapi ini sungguh menggelikan. Dia pikir dengan melepas busananya, melihat karya lukisan telanjang, dan menggendong bayi tanpa busana, mungkin membuatnya jadi salah satu bagian dari seni," Tak setuju dengan Lange, pengunjung lainnya Tobias Meyer (45) mengatakan, "Harus saya akui, bahwa hal tersebut lebih menarik ketimbang pameran seni yang biasanya."

MIRROR.CO.UK Ini bukan kali pertama seniman yang juga berprofesi sebagai model ini melakukan aksi kontroversial.

Moire mengatakan bahwa ia ingin menunjukan pada publik bahwa anak yang baru lahir dan masih polos, akan merasa aman di rangkulan seorang perempuan tanpa busana. Hal itulah yang membuatnya terilhami untuk melakukan aksi kontroversi ini di depan lukisan dari seniman asal Inggris, Francis Bacon, Lucian Freud dan David Hockney. "Konfrontasi langsung dengan penampilan seni telanjang ini, sekaligus menantang pengunjung yang lewat untuk merefleksikan bentuk persepsi serupa. Seberapa dekat suatu bentuk representasi seni mendekati kehidupan nyata," ujar Moire.

Ini bukan kali pertama seniman yang juga berprofesi sebagai model ini melakukan aksi kontroversial. Tahun lalu Moire mendapatkan kritikan keras lewat pameran seni lewat telur penuh cat yang keluar dari alat vitalnya. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com