Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Padu Padan Busana Anak yang Sesuai Usia

Kompas.com - 28/02/2015, 18:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -Padu padan busana anak terkadang menjadi pekerjaan yang tidak mudah bagi orang tua. Pasalnya memadupadankan busana anak terbilang lebih riskan, dan tak memiliki pakem seperti padu padan busana orang dewasa. Salah memadupadankan, penampilan anak kerap tidak sesuai atau bahkan jadi lebih dewasa dibanding usia sebenarnya.

Dalam acara talkshow Mix It, Match It, Style It with Sophie Paris, Arno Roca selaku creative director dari Sophie Paris pun setuju akan hal tersebut, "Dulu anak-anak punya cita-cita ingin jadi polisi, atau pun dokter. Tapi berbeda dengan anak-anak sekarang yang memiliki cita-cita untuk menjadi selebriti ataupun supermodel. Ada baiknya kita berhati-hati dengan hal tersebut." Yang dimaksud Roca untuk berhati-hati adalah sebagai orang tua, ada baiknya perhatian akan ketertarikan anak. Sesuai dengan usianya akan lebih baik. Jangan sampai idola atau tokoh panutan anak-anak mempengaruhi outcome yang tidak sesuai. Penampilan adalah salah satu yang paling cepat terpengaruh. Saat ini, banyak anak-anak yang tampil dan gaya namun tidak sesuai dengan cerminan usia mereka.

Becky Tumewu, selaku brand ambassador dari Sophie Paris pun setuju bahwa padu padan busana anak jadi persoalan tersendiri. "Anak saya keduanya perempuan. Paling besar usia 14 tahun dan yang nomor dua baru berusia 12 tahun. Nah, yang sudah beranjak dewasa inilah yang sebenarnya butuh kesabaran untuk diarahkan. Karena penampilan mereka sudah tidak seperti anak kecil, namun juga tak pantas jika dipoles layaknya orang dewasa."

Untuk itu, Becky membagikan tip memilih busana anak seperti yang sudah sering dilakukannya. "Untuk saya, yang paling penting pilihan bahannya nyaman. Material yang dapat menyerap keringat, tidak menyebabkan iritasi pada kulit, dan tidak menempel pada badan hingga menyebabkan bau, sangatlah penting. Anak di usia 12 atau 14 tahun jaman sekarang memiliki banyak aktivitas," ujarnya.

"Jangan lupakan juga mengenal personalitas anak serta mementingkan selera mereka. Ada yang cenderung gemar bergaya tomboy ada juga yang feminin. Intinya, jangan memberi semua secara berlebihan," tambah Becky.

Roca juga menambahkan, selain yang sudah disebutkan Becky di atas, pemilihan busana anak yang terpenting adalah mempunyai model yang praktis, mudah dicuci, dan berbahan kuat atau tahan lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com