Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2015, 20:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Busana dalam seperti bra maupun celana dalam dengan kualitas bagus memang dapat bertahan hingga bertahun-tahun, namun bila disertai dengan perawatan yang baik. Kalau Anda sudah merasakan tanda-tanda berikut ini, baiknya mengganti dengan yang baru.

Pertama, busana dalam Anda sudah kehilangan elastisitasnya. Karena sering dikenakan dan menjadi melebar, elastisitas pada tali busana dalam seperti bra dan celana dalam akan mulai kehilangan bentuk aslinya bahkan dapat terlepas ketika Anda kenakan. "Bila bra Anda sudah tidak stretch lagi pada bagian tali maupun bagian belakang, maka bra tersebut tidak bisa lagi menopang dengan sempurna," ujar Lexie Sachs, analis produk tekstil dari Good Housekeeping Institute, Amerika Serikat. 

Selain itu, Anda pun harus membeli busana dalam baru bila ukurannya sudah terlalu kecil. Karena busana dalam sering dicuci, maka ukurannya bisa menyusut, apalagi jika materialnya berupa katun. Kalau Anda tidak ingin sirkulasi darah Anda terganggu, maka belilah yang baru.

Khusus untuk bra, Anda mungkin tak sadar payudara Anda pun mengalami perubahan. Ini menyebabkan bra yang awalnya sangat pas di tubuh menjadi terlalu ketat. Bra yang terlalu ketat dan sempit dapat memicu sakit punggung bahkan payudara dapat menjadi kendur. Bila tali bra tidak lagi horisontal dan terlalu ketat, jangan ragu untuk menata ulang koleksi bra Anda. Busana dalam yang tidak lagi terasa nyaman pun menjadi salah satu tanda Anda harus menggantinya dengan yang baru. 

"Bila Anda adalah penggemar busana dalam renda, setelah beberapa kali dicuci biasanya dapat menyebabkan iritasi," ungkap Mona Gohara MD, profesor klinis dermatologi dari Yale School of Medicine, Amerika Serikat.

Tanda lainnya adalah apabila bentuk busana dalam Anda tidak sama lagi seperti dulu. Jika padding atau cup pada bra yang Anda kenakan berubah bentuk atau tertekuk, Sachs menyarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Sebab, cup bra harus benar-benar menopang dan membentuk payudara. Kalau tidak, payudara tidak akan tersangga dengan sempurna.

Demikian beberapa tanda yang harus Anda perhatikan pada busana dalam Anda. Kalau bentuknya sudah tidak sama, terlalu kecil, maupun sudah tidak nyaman lagi, jangan ragu untuk membeli yang baru. Kenyamanan dalam setiap aktivitas adalah segalanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com