Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kulit Tetap Terlihat Muda? Kurangi Minum dengan Sedotan

Kompas.com - 02/03/2015, 11:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Timbul keriput di usia yang masih relatif muda merupakan “tragedi” yang membuat sejumlah besar wanita panik dan stres. Selain minim perawatan, kebiasaan buruk juga bisa mencetuskan kehadiran garis-garis tipis di area mata hingga akhirnya merebak pada wilayah pipi. Menyeramkan bukan?

Sebenarnya apa sih salah satu kebiasaan buruk yang terbilang cepat menimbulkan keriput? Menurut Dr Debra Jaliman, seorang dermatologis sekaligus penulis buku Skin Rules: Trade Secrets from a Top New York Dermatologist, sering minum memakai sedotan bisa membuat kulit di sekitar mulut jadi cepat berkerut.

Sebab, saat seorang wanita menyeruput minuman dengan sedotan, secara otomatis area sekitar mulut jadi lebih sering mengerut. Namun, minum pakai sedotan jika dilakukan sesekali tidak akan memberikan pengaruh signifikan.

Teori sedotan percepat keriput, kata Dr Jaliman, terjadi apabila Anda selalu menggunakan sedotan setiap minum dalam keseharian. Sebab, gerakan mulut mengerucut saat akan menyesap air menimbulkan garis halus, terutama sekitar ujung bibir dan mendekati pipi.

“Jenis gerakan otot yang berulang-ulang dan dilakukan dalam waktu yang lama, mencetuskan garis kerutan permanen atau keriput. Kondisi ini sama seperti garis senyuman atau garis kerutan di dahi,” ujar Dr Jaliman.

Debra menyarankan, untuk mengurangi kebiasaan buruk yang berpotensi mengakibatkan keriput, salah satunya mengurangi pemakaian sedotan. Selain itu, hal lain yang lebih penting adalah mengaplikasikan perawatan kulit yang telah teruji dan cocok dengan jenis kulit Anda.

"Mulailah melakukan perawatan di usia 20-an. Pada fase usia ini, orang-orang berpikir kalau mereka tidak akan mengalami masalah antara kulit dan usia. Ini salah besar. Merawat kulit sedini mungkin mencegah Anda mengalami keluhan penuaan di masa depan. Selain itu, Anda juga benar-benar perlu membiasakan diri melakukan kebiasaan hidup yang memberikan manfaat baik pada tubuh dan kecantikan,” urainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com