Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2015, 23:09 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Tak bisa dimungkiri bahwa waktu bekerja di zaman sekarang ini terbilang panjang dan mengakibatkan pekerja acap kali merasa sangat kelelahan. Umumnya, saat tubuh terlalu lelah justru menyebabkan susah tidur. Jika demikian apa yang harus dilakukan?

Tentu Anda sudah sering membaca dan menerapkan rangkaian kiat tidur lebih cepat dan pulas. Mulai dari berolahraga ringan sebelum tidur, membaca, menjauhkan gadget dari jangkauan mata, dan sebagainya.

Dr Jill Dorrian dari Centre for Sleep Research University of South Australia menyampaikan bahwa salah satu strategi meredakan rasa lelah adalah kombinasi kafein dan tidur singkat yang berkualitas.

“Minum secangkir kopi lalu dilanjutkan dengan tidur berkualitas selama 20 menit, Anda akan terbangun dengan segar. Sebab, efek kafein masih terasa ketika Anda terjaga. Kafein juga mengurangi efek inersia,” ungkap Dr Dorrian pada situs unisa.au.edu

Untuk mendapatkan tidur berkualitas, kata Dr Dorrian, Anda bisa melakukan teknik relaksasi. Pasalnya, meditas terbukti ampuh dalam mengurangi kadar stres dan meredam beban pikiran yang mengganggu. Teknik meditasi sangat direkomendasikan bagi Anda yang mengalami insomnia atau sulit tidur malam.

Cara tersebut di atas akan memberikan hasil optimal, apabila didukung dengan kebiasaan baik. Beberapa di antaranya mempersiapkan kondisi kamar tidur dengan penerangan yang redup atau gelap dan ciptakan suasan kamar yang kondusif. Ini berarti, jangan menyalakan televisi, jangan bermain gadget, dan hindari membawa pekerjaan ke dalam kamar tidur.

Kemudian, Dr Dorrian menegaskan bahwa aktivitas membaca sebelum tidur sebaiknya dilakukan saat Anda merasa susah mengantuk. Jadi, jangan jadikan membaca sebagai ritual sebelum tidur malam.

“Bila mengalami sulit tidur dan merasakan deraan stres. Lebih baik lakukan sesuatu yang menenangkan, seperti meditasi, mendengarkan alunan musik yang tenang, membaca, dan berdoa. Saat tubuh merasa lelah, proses mata mengantuk hingga benar-benar terlelap cenderung lebih mudah,” urainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com