Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berat Badan Naik Setelah Sempat Turun, Apa yang Terjadi?

Kompas.com - 04/03/2015, 16:01 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Redbook

KOMPAS.com — Salah satu hal paling menyebabkan untuk wanita adalah berat badan kembali ke angka semula setelah sempat berada di angka ideal. Kondisi ini membuat Anda jadi bertanya-tanya, apalagi diet dan olahraga yang Anda jalankan tetap sama. Alhasil, Anda pun semakin panik. Sebenarnya apa yang terjadi?

Metabolisme berjalan lambat
Pada dasarnya, semakin ringan berat badan Anda maka jumlah kalori yang terbakar pun semakin kecil. “Jumlah kalori yang terbakar saat sedang berolahraga sangat berkaitan dengan berat badan Anda,” terang Karen Ansel, RD.

“Anda yang kelebihan berat badan akan membakar kalori yang lebih banyak karena mereka lebih banyak energi. Jadi, saat berat badan turun, jumlah kalori yang terbakar pun lebih sedikit,” imbuhnya.

Menurut Ansel, tubuh akan membutuhkan sedikit kalori saat berat badan turun. Kondisi merupakan penyesuaian antara asupan makanan dan energi yang keluar. Untuk itu, Ansel menyarankan, jika berat badan sudah turun, sesuaikanlah jumlah kalori yang Anda konsumsi. Sebab, berat badan bisa kembali melonjak.

Kurang tidur
Tidur malam yang cukup tidak hanya ampuh dalam mengembalikan kesegaran tubuh, tetapi juga dapat mempertahankan ukuran pinggang yang ideal. Apa pasal?

“Umumnya banyak orang yang malah makan di malam hari karena sulit tidur,” ujar Amy Shapiro, RD. Sebab, saat mata tak kunjung mengantuk maka tubuh akan memproduksi gherlin (hormon yang membuat Anda merasa lapar) ketimbang leptin (hormon yang menyebabkan rasa kenyang).

Menurut University of Chicago, kata Shapiro, tubuh yang kurang beristirahat membuat metabolisme jadi lebih lambat.

Selalu latihan dengan olahraga yang sama
Melakukan latihan yang sama secara rutin membuat tubuh jadi “mati rasa” terhadap efek olahraga yang sebelumnya Anda rasakan. Selain bosan dan jenuh, latihan yang selalu sama menyebabkan penurunan motivasi sehingga tanpa disadari Anda jadi sering menunda latihan.

“Sangat penting untuk selalu melakukan olahraga yang variatif. Tujuannya agar pembentukan otot tetap produktif dengan gerakan yang berbeda. Cara ini dapat menghindari rasa jenuh dan tubuh mengalami berat badan plato,” ujar Anna Kaiser, celebrity trainer.

Makan berlebihan setelah berolahraga
Seusai berolahraga akan timbul rasa lapar yang mendera, memang tidak salah untuk mengisi perut untuk mengembalikan energi. Namun, yang tidak Anda sadari, porsi makanan yang Anda konsumsi ternyata lebih banyak dari jumlah energi yang terbakar kala latihan.

Alhasil, usaha Anda berolahraga pun berakhir sia-sia. Alih-alih berat badan turun malah semakin bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Redbook
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com