Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita 91 Tahun Ini Diterima Kerja di Perusahaan Komputer

Kompas.com - 06/03/2015, 09:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Barbara Beskind sudah tidak lagi muda, usianya 91 tahun. Namun ia membuktikan bahwa dirinya mampu mewujudkan mimpi menjadi kenyataan. Di usianya yang sudah senja tersebut, Barbara mengejar impiannya untuk bekerja di perusahaan komputer yang dipenuhi generasi muda. 

"Sewaktu saya berusia 10 tahun, saya bercita-cita menjadi seorang penemu. Saya berhasil mewujudkannya, akan tetapi saya membutuhkan waktu 80 tahun," ujar Barbara. 

Barbara berusia 10 tahun ketika Amerika Serikat dilanda Depresi Besar. Di saat itulah ia mulai belajar untuk menjadi kreatif dengan berbagai bahan dan material. "Saya ingin membuat kuda-kudaan dan saya berhasil membuatnya dari ban-ban bekas. Saya banyak belajar tentang gravitasi karena saya sering terjatuh saat itu," kenang Barbara. 

Tujuan kariernya berubah ketika penasehat akademiknya (saat Barbara duduk di bangku SMA) mengatakan bahwa fakultas-fakultas teknik saat itu tidak menerima mahasiswa perempuan. Sehingga, selepas SMA Barbara mendaftar ke Angkatan Darat AS dan kemudian menjadi terapis okupasi. Ia juga menulis buku dan mengasah kreativitasnya dengan melukis di waktu senggang. 

Akan tetapi, dua tahun lalu, ia membaca tentang kantor desain IDEO di Silicon Valley, California dan memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. IDEO dikenal karena merancang mouse untuk komputer Apple dan beragam inovasi teknologi lainnya. "Butuh waktu dua bulan untuk menulis resume saya, memadukannya dari sembilan halaman. Kemudian saya menulis surat lamaran dan mengirimkannya lewat pos," jelas Barbara. 

Kini, Barbara pergi ke kantornya di Palo Alto setiap hari Kamis. Kantor memperoleh e-mail setiap kali ia datang dan Barbara selalu memulai hari dengan memberi pelukan ke rekan kerjanya. Ketimbang bekerja di meja kerja, Barbara memilih bekerja sambil duduk di sofa. Ia memfokuskan diri pada pengujian proyek untuk kaum manula.

Barbara yang sudah berusia lanjut berhasil membuktikan bahwa usia bukan halangan untuk tetap bekerja dan menggapai impian.

Bagaimana dengan Anda yang masih muda? Jangan pernah takut mengejar impian!
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com