Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Menjual Diri" dalam Dunia Kerja Tetap Diperlukan

Kompas.com - 09/03/2015, 17:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -Di luar negeri, terutama di negara-negara Barat, para pekerja tak pernah ragu untuk mempromosikan dirinya untuk mendapatkan sebuah pekerjaan impian. Berbeda di belahan Timur, khususnya di Indonesia, yang kebanyakan dari para pekerja, justru malu ketika harus "menjual diri" mereka di lingkungan pekerjaan. Padahal, mempromosikan diri sendiri, bukan semata-mata berarti sombong. Berdasarkan prestasi yang nyata, Anda sebagai pekerja memerlukan sebuah promosi diri agar karier dapat berjalan lebih cemerlang lagi. Lalu bagaimana cara "menjual diri" yang seharusnya tanpa berkesan sombong dalam dunia kerja? Berikut saran dari Ricky Mulani, selaku President Director dari Quantum Select International, perusahaan headhunter asli Indonesia.


"Sebenarnya tidak perlu mengumbar diri. Dengan menyajikan informasi lengkap, Anda secara langsung telah menawarkan kemampuan," ujar Ricky. Menurutnya pemilihan kata sangatlah penting saat mempromosikan diri di dunia kerja. Misalnya, kata-kata seperti: "saya sangat baik dalam hal ini" yang biasa tertera dalam surat permohonan kerja (application letter) ataupun curriculum vitae (CV) tidak diperlukan. Akan lebih baik jika Anda menggantinya dengan kata-kata: "saya mampu mengerjakan hal ini."

Namun Ricky menyayangkan karakter kebanyakan orang Indonesia yang menyatakan kemampuan saja, sangat sungkan. "Kata-kata 'saya mampu' seolah menjadi terlalu 'ahli' untuk mereka," tambah Ricky. Hanya informasi selengkap-lengkapnya yang dibutuhkan oleh seorang headhunter atau recruiter untuk menemukan kandidat atau calon karyawan. Informasi selanjutnya mengenai keahlian tambahan kandidat tersebut, Ricky mengatakan biarlah pihak yang lebih berwenang (expertise) menilai hal tersebut.

Selain itu, Ricky juga menyarankan pada kandidat, agar memberi informasi selengkap-lengkapnya. Baik pada surat aplikasi yang ditujukan tertulis, melalui situs profil pencari kerja ataupun halaman media sosial profesional seperti LinkedIn. Justru jika Anda memberi informasi lengkap dan akurat, headhunter dan recruiter akan dimudahkan dalam menilai segi potensial kandidat. Jangan lupa untuk terus memberi update terbaru pada kolom keahlian, kemampuan, pencapaian, target kedepan, ketertarikan, dan penjelasan tentang pekerjaan atau profesi yang sedang atau akan dijalani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com