Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompetisi Mode Desain Busana Untuk Ukuran Tubuh Plus

Kompas.com - 09/03/2015, 21:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com -
Di dunia fashion, busana bagi yang memiliki ukuran tubuh plus kadangkala menjadi hal nomor dua, selain itu juga masih sangat jarang diperhatikan. Maka tak heran, banyak orang, terutama kaum wanita yang kelimpungan saat harus mencari busana high fashion dengan ukuran plus. Hal inilah yang melatarbelakangi gerai busana Evans di Inggris untuk mengadakan kompetisi rancang busana berselera fashion tinggi untuk ukuran plus. Pada tahun sebelumnya, Evans juga berininsiasi mengajarkan mahasiswa tingkat universitas untuk mengolah rancangan busana label Cut for Evans khusus untuk mereka yang berukuran plus.

Mahasiswa dari Nottingham Trent dan Kingston University diajak untuk berkompetisi merancang sebanyak enam koleksi busana, yang tentunya mengedepankan sisi fashion, namun tak terbatas soal ukuran. Susan Moses,  salah seorang juri sekaligus penata gaya selebriti dunia, mengatakan, "Saya sangat suka inovasi seperti ini. Ide seperti ini terinspirasi dengan kreativitas serta visi yang dimiliki oleh para mahasiswa untuk perempuan berukuran tubuh plus."

Dari kompetisi tersebut, keluarlah nama Yvonne Shu Yao, mahasiswa dari Nottingham Trent University sebagai pemenang. Ia membuat koleksi busana yang terinspirasi dari dunia dalam laut. Menampilkan siluet pas pada tubuh, dan memiliki tumpukkan motif geometris yang didesain sedemikian rupa, busana kreasi Shu You hadir dalam nuansa biru keunguan.

Rivkie Baum, editor SLiNK magazine, mengatakan bahwa kompetisi ini merupakan sebuah ide positif yang cemerlang untuk dunia fashion. "Sangat menyenangkan melihat Evans mendukung para mahasiswa untuk siap terjun ke dalam dunia fashion, dan tentunya mendorong perkembangan ide-ide kreatif dalam hal rancang busana yang ditujukan untuk pasar berukuran tubuh plus dimana memang sedang berkembang."

Semoga saja kompetisi seperti ini tak hanya dilakukan di Inggris, mengingat semua wanita-tak memandang ukuran badannya seperti apa-pantas memiliki busana berselera fashion yang baik. Semoga Indonesia juga bisa mewujudkan inovasi serupa!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com