Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Artika Sari Devi Redam Emosi Sang Buah Hati

Kompas.com - 13/03/2015, 11:35 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com –
Mantan Puteri Indonesia 2005, Artika Sari Devi, sekarang telah menjadi seorang ibu dari anak perempuan berusia enam tahun, Sarah Ebiela Ibrahim. Layaknya ibu pada umumnya, Artika pun memiliki tantangan tersendiri dalam mengasuh dan merawat buah hatinya.

Menurut Artika, putri kecilnya tersebut sering kali memiliki perasaan sensitif. Salah satu contohnya adalah saat Abbey (panggilan Sarah) pernah cemburu dengan sang adik, Zoe (20 bulan).

Artika bercerita anak sulungnya ini suka ngambek atau bad mood. Namun demikian, istri dari Baim ini memiliki kiat tersendiri yang edukatif dan efektif. Artika mengatakan bahwa dirinya pantang untuk membentak saat anak tengah bertingkah atau ngambek.

"Saya beruntung anak saya sangat aktif dan sangat suka seni. Kalau biasanya dia ngambek kita harus cari dulu penyebab dan solusinya," ujar Artika.

Selanjutnya, Artika akan mengajak sang anak duduk berhadapan, bertanya apa yang mengganjal hatinya dan berusaha menerima semua penjelasan si kecil. Kemudian, Artika mengajak si kecil untuk melakukan hobi mereka, misalnya menggambar, biasanya hal tersebut akan mengembalikan mood-nya menjadi lebih baik.

Metode menggambar tersebut terbilang berhasil, karena selain dapat mengembalikan mood anak jadi lebih baik.  Artika mengaku jadi lebih memahami apa yang sedang dirasakan putrinya.

"Misal kalau dia kesepian, karena orang tuanya terlalu sibuk, Abbey akan menggambar dirinya ditemani seekor anjing," ujar Artika.

"Kreativitas tak harus menggunakan segala sesuatu yang rumit. Bisa lewat gambar dan mengeluarkan perasaan yang anak rasakan, paling penting ada konsolidasi, negosiasi, dan cari pengalihannya," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com