Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Anak Usia 10 Tahun Ini Jadi Mahasiswa Matematika Termuda

Kompas.com - 16/03/2015, 13:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com — Bila diperhatikan, Esther Okade terlihat seperti anak perempuan berusia 10 tahun pada umumnya. Okade gemar berbusana seperti Elsa Frozen, bermain boneka Barbie, dan menghabiskan waktu di taman. Namun, siapa sangka, bocah blasteran Nigeria-Inggris ini adalah mahasiswa termuda pada sebuah universitas yang berlokasi di Inggris.

Okade yang bermukim di kota Walsall, Inggris, merupakan mahasiswa termuda yang mendaftar di open university, universitas yang berbasis pendidikan jarak jauh. Okade mulai aktif sebagai mahasiswi semenjak bulan Januari lalu. Kabarnya, berdasarkan nilai akademis yang diperoleh, Okade merupakan salah satu bintang kelas. Dalam ujian semua mata kuliah, Okade tercatat berhasil memperoleh nilai sempurna.

"Ini sangat menarik. Universitas ini memiliki tipe-tipe matematika yang aku suka. Ini benar-benar matematika sesungguhnya, dengan teori, angka-angka yang kompleks, dan hal-hal lainnya. Semuanya sangat mudah. Ibuku mengajariku dengan menyenangkan," ujar Okade.

Selanjutnya, Okade juga menyatakan bahwa dirinya ingin menyelesaikan program sarjana dalam waktu dua tahun. Kemudian, dia ingin mengambil program doktoral untuk memperoleh gelar PhD dalam bidang matematika keuangan saat kelak usianya mencapai 13 tahun.

Mimpi besar lainnya adalah ingin mendirikan sebuah bank pada usia 15 tahun karena kegemarannya pada angka dan pelajaran finansial. Menurut dia, perbankan yang sehat adalah cara terbaik untuk membantu banyak orang.

Ketika ditanya apakah orangtuanya memaksa untuk mendaftar di universitas, Okade langsung membantahnya. "Sebenarnya aku ingin mendaftar kuliah sejak usia tujuh tahun. Namun, ibuku mengatakan aku masih terlalu muda. Setelah tiga tahun memohon, aku akhirnya diizinkan (mendaftar kuliah)," jelas Okade.

Sejauh ini, Okade telah mengikuti ujian Math GSCE, sebuah ujian kualifikasi untuk siswa tingkat menengah ke atas di Inggris, yang diikutinya di Ounsdale High School di Wolverhampton saat berusia enam tahun. Sang ibu, Efe, melihat kemampuan luar biasa putrinya tersebut saat masih  berusia 3 tahun dan mengikuti homeschooling.

Sang ibu dengan tekun melatih kemampuan dasar matematika untuk anak pada Okade semenjak usianya masih kecil. Namun, ternyata kemampuan sang putri melesat lebih cepat dan jauh ke depan.

Dalam keluarga Okade, bukan hanya Esther yang memiliki kemampuan luar biasa dalam bidang matematika. Sebab, sang adik, Isaiah, yang masih berusia enam tahun, juga diinformasikan akan mengikuti ujian matematika level A pada bulan Juni mendatang.

Untuk mengisi waktu luang saat sedang rehat kuliah, Okade menulis rangkaian buku pelajaran matematika untuk anak-anak yang berjudul Yummy Yummy Algebra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com