Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati… Matras Yoga Bisa Sebabkan Jerawat di Wajah dan Punggung

Kompas.com - 17/03/2015, 07:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber She Knows

KOMPAS.com – Peminat olahraga yoga terus meningkat dari waktu ke waktu. Selain menenangkan pikiran, yoga juga mujarab dalam pembentukan tubuh dan otot. Gerakan yoga yang cenderung perlahan tapi penuh intensitas, melatih konsentrasi dan kekuatan tubuh dalam waktu bersamaan.

Para pecinta yoga pasti tahu materi yang wajib dimiliki, yakni matras yoga. Gerakan yoga banyak membutuhkan keseimbangan tubuh dalam posisi terlentang, duduk, dan berdiri, relatif berbahaya jika dilakukan tanpa alas yang nyaman dan lembut sebagai pembatas antara tubuh Anda dengan lantai.

Sayangnya, banyak orang yang kurang memperhatikan kebersihan matras yoga, padahal berolahraga pada alas yang kotor bisa merugikan penampilan fisik Anda. Salah satu efek buruk berlatih yoga di atas matras yang kotor adalah bisa memicu tumbuh jerawat pada punggung dan wajah.

 “Jangan menempelkan wajah pada matras kecuali matras tersebut milik Anda sendiri. Sebab, matras yoga yang kotor merupakan sarang bakteri dan kuman. Jadi, apabila Anda menempelkan wajah di atasnya akan menyebabkan jerawat serta iritasi,” kata Dr Gary Goldfaden, Founder GOLDFADEN MD.

Senada dengan Dr Gary, Cecilia Wong, Founder dan Dermatologis di Cecilia WongSkincare New York City, menyarankan untuk membersihkan matras yoga dengan cairan pembersih yang disemprotkan atau probiotik. Lakukanlah sebelum dan sesudah Anda menggunakan matras. Pasalnya, cara tersebut efektif membasmi kuman dan bakteri dari keringat yang bercampur kotoran tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber She Knows
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com