Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2015, 12:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com -
Industri mode kini menjadi industri yang rawan kecaman di media sosial. Jika biasanya sebuah brand atau majalah dikecam karena menampilkan model yang terlalu kurus, kali ini patung mannequin dari gerai busana Karen Millen dikecam oleh para pengguna media sosial.

Sebuah foto yang diunggah oleh pengguna Twitter, Laur Evans, menampilkan salah satu patung mannequin dari salah satu toko Karen Millen di Inggris. Dari foto yang beredar, terlihat jelas patung tersebut menampakkan bagian tulang selangka dan tulang iga yang sangat menonjol. Saat mengunggah foto maneqquin tersebut, Evans juga menyandingkannya dengan foto dari model yang memperagakan busana yang sama seperti yang dikenakan oleh patung. Terlihat jelas, model tersebut memiliki ukuran tubuh yang sama kurus dengan mannequin.

DAILYMAIL.CO.UK Lewat akun twitter-nya, brand busana Karen Millen menanggapi kecaman dari masyarakat.

Para pengguna media Twitter pun spontan berkicau ramai. Josephine Liptrott dalam akun @JoLiptrott menuliskan " @KarenMillen memalukan karena membuat normal ukuran tubuh yang sangat kurus. Sungguh pesan yang buruk disampaikan kepada perempuan muda". Akun lainnya Beware of The Cat @cave_feis menuliskan "Hah? Mereka membuat mannequin dengan tulang selangka dan iga sekarang ini? Industri fashion sungguh tercela".

Lewat akun twitter-nya, brand Karen Millen menanggapi kecaman dari masyarakat. @KarenMillen menuliskan "Hai semua, terimakasih atas masukannya. Kami sebagai brand busana merayakan keragamann ukuran dan bentuk tubuh dari koleksi kami, dan menawarkan ukuran 6-16. Baik di atas mannequin atau dikenakan model, Anda dapat melihat representasi dari Karen Millen yang berukuran standar di industri fashion, yakni ukuran 10. Tidak ada maksud buruk, atau memberikan pesan tubuh yang negatif lewat kampanye kami. Kami fokus pada bahan dan gaya dari busana. Kami minta maaf sekali lagi."
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com