Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2015, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Dengan padatnya aktivitas dan kewajiban mengurus rumah tangga, waktu luang bagi seorang wanita sangat terbatas dan begitu berharga. Waktu luang sangat penting dalam kehidupan, tentunya untuk menikmati diri sendiri dan melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak bisa dilakukan di hari kerja yang padat. 

Sebagian wanita mengisi waktu luang dengan memanjakan diri di salon. Ada pula yang memilih untuk berbelanja dan hanya bermalas-malasan di rumah. Namun, para wanita sukses memanfaatkan waktu luang mereka dengan mengarahkan energi pada hal-hal yang positif dan produktif.

Nah, apa saja sih kegiatan para wanita sukses tersebut untuk mengisi waktu luang mereka? 

1. Merajut
Aktivitas ini dilakukan oleh aktris kenamaan Meryl Streep di waktu luangnya. Tak hanya saat sedang rehat syuting, kabarnya Streep juga merajut di lokasi syuting dan di sela-sela waktu pengambilan gambar. Meryl mengaku, merajut membuatnya tenang, tapi tetap fokus. Salah satu karya merajutnya adalah sebuah syal yang dia kenakan  pada film Doubt beberapa waktu lalu.  

2. Bermain Golf 
Mantan Menteri Luar Negeri AS, Condeleeza Rice, dalam sebuah wawancara dengan majalah Golf Digest pernah mengatakan bahwa dirinya banyak mengabiskan waktu luang dengan bermain golf, saat masih menjabat menteri. Ketika bermain golf, Condeleeza merasa segala beban pikiran pekerjaan terlepas sementara waktu.  Hobi main golf masih rutin dilakukan oleh Rice hingga hari ini.


3. Mengoleksi Pisau 
Siapa sangka, aktris dan aktivis kemanusiaan, Angelina Jolie, gemar mengisi waktu senggangnya dengan mengoleksi pisau? Angie mengaku, hobinya ini dimulai sejak masih kanak-kanak dan biasa dilakukan bersama mendiang ibundanya. Angie pun menurunkan hobi unik ini pada anak-anaknya.

Menurut Jolie, pisau adalah representasi positivisme dalam melindungi diri dan orang lain. Kemudian, diamenegaskan bahwa pisau-pisau yang dikoleksinya adalah pisau antik dan memiliki mata pisau yang amat tumpul, sehingga aman bagi anak-anak. 

4. Berlari
Ibu Negara AS, Michelle Obama, selalu terlihat segar dan bugar karena ternyata dirinya rajin menghabiskan waktu luang dengan berolahraga dan berlari. Alumus Fakultas Hukum Princeton University ini bangun pagi sebelum pukul 5 setiap hari,  untuk berlari sebelum mulai beraktivitas. Terbukti, di usia yang sudah mencapai 50 tahun, Michelle masih terlihat bugar. 

5. Membaca 
Oprah Winfrey dikenal sebagai pembawa acara yang sukses, cerdas, dan mampu menginspirasi banyak orang. Ternyata, talenta dan kepribadiannya yang hangat ini terbentuk karena rajin membaca buku. Selain itu,  Oprah membangun dan membina Klub Buku Oprah. Pada tahun 2011 saja, total penjualan 70 judul buku "Edisi Oprah" di klub bukunya mencapai 55 juta eksemplar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com