Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Indonesia… Apakah Anda Berani “Puasa” Merias Wajah?

Kompas.com - 22/03/2015, 16:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com – Ada sebuah tren kecantikan baru di Eropa bernama Diet Kulit 5:2. Tren ini mewajibkan Anda untuk “puasa” mengenakan tata rias selama dua hari dalam seminggu. Kabarnya, diet ini bisa membuat kulit lebih mudah untuk bernapas sehingga beralih tampak  muda dan sehat. Benarkah demikian?

"Sejenak mengistirahatkan kulit dari tata rias memungkinkan kulit untuk menambah kadar kelebaban tanpa adanya lapisan tata rias yang menyumbat kulit," kata Karen Hammerman MD, seorang dermatolog kosmetik di Vanguard Dermatology di New York City, Amerika Serikat.

Selanjutnya, Hammerman juga menjelaskan bahwa puasa mengenakan tata rias juga memungkinkan kulit untuk menyingkirikan residu tata rias yang tertinggal di kulit. Meskipun demikian, ungkap Hammerman, Anda sebetulnya tidak perlu istirahat sejenak dari tata rias selama dua hari untuk memulihkan kondisi kulit.

"Membersihkan kulit dengan benar sebelum tidur dan membuat kulit bebas dari tata rias pada malam hari sebenarnya adalah cara istirahat yang baik dari tata rias. Saya rekomendasikan Anda untuk membersihkan kulit wajah selama dua kali, pertama untuk menghilangkan tata rias dan kemudian sekali lagi untuk pembersihan lebih menyeluruh sehingga kulit dapat bernapas," sebut Hammerman.

Hammerman mengungkapkan, tidak masalah apakah Anda ingin mengikuti Diet Kulit 5:2 atau tidak. Sebab, yang paling penting adalah Anda membersihkan wajah dengan benar dan menjaga kebersihan serta kesehatan kulit Anda. "Kulit Anda akan lebih sehat dengan pembersihan yang benar, tata rias yang aman, dan tabir surya," imbuh dia.

Sebenarnya, merawat kesehatan dan kecantikan kulit tidak perlu berpuasa mengaplikasikan tata rias. Anda akan tetap dapat memperoleh kulit yang sehat dengan secara rutin membersihkan kulit wajah setiap malam sebelum tidur. Sebab, kulit akan memperbarui diri pada malam hari. Selain itu, mencuci dan membersihkan wajah dengan benar setiap hari juga membuat kulit bernapas dengan baik.

Nah, apakah kaum wanita di Tanah Air berani menerapkan diet kulit yang mengharuskan Anda tidak memulas rias wajah selama dua hari ini?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com