Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minim Rasa Sayang Sebabkan Para “Jomblo” Susah Tidur Malam

Kompas.com - 22/03/2015, 21:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Menurut studi yang dihelat oleh University of Chicago tersiar kabar bahwa penderita insomnia yang berstatus lajang atau jomblo, jumlahnya semakin tinggi dari waktu ke waktu.

Studi tersebut menyatakan bahwa penyebab manusia modern sulit terlelap di waktu malam adalah kebiasaan bermain gadget yang dilakukan sebelum tidur. Selain itu, terlalu sering menonton televisi juga disinyalir sebagai pemicu seseorang menderita insomnia.

Namun, hasil studi menyiarkan informasi unik yang menyatakan bahwa keluhan insomnia lebih banyak terjadi pada wanita yang masih berstatus lajang. Ternyata, tidur seorang diri membuat wanita sering kali terbangun saat tengah malam, lalu mengalami kesulitan untuk kembali memejamkan mata hingga tertidur.

Alhasil, para peneliti menyarankan para wanita yang masih single untuk memelihara hewan peliharaan. Tujuannya untuk meningkatkan rasa peduli dan sayang pada diri mereka. Menurut hasil studi, wanita yang sering merasa kesepian dan tidak merasa diperhatikan, sering mengalami rasa sedih hingga susah tidur di malam hari.

“Saya selalu menyarankan pada pasien yang mengalami insomnia untuk memelihara hewan, anjing atau kucing. Saran ini berguna supaya mereka memiliki teman bicara dan merasa bahagia,” ujar Dr Lisa Shives, Ketua Peneliti, University of Chicago.

Kemudian, kata Dr Shivers, memiliki hewan peliharaan membuat wanita merasa tidak sendirian, sehingga mereka lebih nyaman dan tenang di waktu malam. Seperti dikuitp bedtimesmagazine.com, suara nafas hewa peliharaan juga bisa membantu wanita untuk segera mengantuk dan tertidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com