Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Publik Protes Bocah Lima Tahun Unggah Video Teknik Rias Wajah

Kompas.com - 23/03/2015, 16:22 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Kegemaran bermain dengan make up dan merias wajah seorang bocah perempuan berusia lima tahun, Danna Gomez, menimbulkan polemik di ranah maya terutama pada situs video YouTube.

Pasalnya, kepiawaian Gomez mengenakan dan memulaskan sejumlah rangkaian rias wajah, membuat banyak orangtua lainnya mempertanyakan mengapa Gomez ingin cepat dewasa?

Pada momen Valentine beberapa waktu lalu, Gomez mengunggah video tutorial make up yang menonjolkan riasan romantis. Dengan mahir, Gomez memberikan contekan mengenai teknik merampingkan pipi.

Sebenarnya, apa yang dilakukan oleh Gomez merupakan hal lazim di ranah maya, tetapi usianya yang masih kanak-kanak untuk mengenakan riasan wajah, memicu sejumlah protes.

"Kenapa kita tak dapat membuat anak kita menjadi anak-anak. Mengapa kita harus buru-buru mendorong mereka menjadi dewasa sebelum waktunya?” ujar Miguel salah satu pemilik akun YouTube.

Lain lagi yang diungkapkan oleh pemilik akun YouKnowWho, yang mengatakan bahwa video Gomez ini termasuk eksploitasi anak kecil.

Namun, serbuan kritikan tersebut tidak membuat Gomez kecil hati. Sebaliknya, Gomez tetap mengunggah video tutorial rias wajah. Video terakhir Gomez mendemonstrasikan bagaimana mengaplikasikan make up agar tahan lama.

Ternyata, seluruh video Gomez tersebut dibuat dan diunggah oleh tantenya sendiri, Denisse Gomez. Hal yang mendasari Denisse mengunggah video keponakannya tersebut karena dianggap lucu dan menggemaskan.

Denisse menjelaskan pada akun Facebook bahwa dirinya tidak bermaksud lain kecuali ingin bermain dengan keponakan perempuannya yang menggemaskan. Lalu, sejumlah video tersebut diunggah berdasarkan persetujuan dari ibu keponakannya.

"Anak-anak selalu bermain menajdi orang dewasa, sperti berpura-pura menjadi dokter atau perawat, atau mumi, bahkan pemadam kebakaran, dan koboi. Jadi, apa salahnya mencontoh orang dewasa bermain dengan riasan wajah?" tulis Dennise Gomez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com