Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Panjang Umur dari Para Wanita Berusia di Atas 100 Tahun

Kompas.com - 24/03/2015, 18:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com 
— Banyak yang bertanya, apa rahasia wanita yang mampu hidup dengan umur panjang hingga menembus usia 100 tahun. Mereka memiliki kiat beragam, mulai dari pola makan, gaya hidup, hingga pernikahan. Nah, jika ingin tahu lebih detail bagaimana para wanita ini tetap sehat dan panjang umur hingga mencapai usia di atas 100 tahun, simak penuturan mereka berikut ini.

1. Emma Morano, 115 tahun
Menurut Emma, yang berasal dari Italia, rahasia umur panjangnya adalah karena ia kerap mengonsumsi telur mentah dan hidup tanpa pria alias tidak menikah. Manusia paling tua di Eropa ini telah mengonsumsi telur mentah sejak usia remaja atas saran dokter untuk mengobati anemia. Emma biasa menyantap tiga butir telur mentah dalam sehari, tetapi kini hanya dua butir.

Setelah bercerai pada 1938, Emma memutuskan untuk tidak lagi membina rumah tangga meski banyak pria yang tertarik kepadanya. "Saya tidak mau lagi didominasi," ujarnya kepada The New York Times ketika ditanya mengenai alasan mengapa dia enggan untuk menikah lagi. 

2. Jessie Gallan, 109 tahun 
Jessie adalah wanita tertua asal Skotlandia. Sama seperti Emma, rahasia umur panjangnya adalah tidak menikah dan mengonsumsi makanan yang sama selama bertahun-tahun. "Rahasia agar panjang umur adalah jauh-jauh dari pria. Mereka hanya menimbulkan masalah. Saya juga banyak melakukan olahraga, menyantap semangkuk bubur hangat setiap pagi, dan tidak pernah menikah," kata Jessie.

3. Misao Okawa, 116 tahun 
Misao yang berasal dari Jepang adalah manusia tertua di dunia yang masih hidup hingga hari ini. Pada bulan Maret ini, usianya menginjak 117 tahun. Lalu, apa rahasia Misao agar mampu hidup hingga usia menembus satu abad? Sederhana saja. Ia menyantap sushi, sering berelaksasi, dan tidur malam selama 8 jam setiap hari. 

4. Gertrude Weaver, 116 tahun 
Gertrude yang berasal dari Arkansas adalah manusia paling tua yang masih hidup di Amerika Serikat. Bagi Gertrude, rahasia umur panjangnya ada pada bagaimana ia berinteraksi dengan orang lain. "Keramahan adalah rahasianya. Perlakukan orang lain dengan baik dan ramahlah kepada sesama, seperti ketika Anda ingin diperlakukan dengan baik oleh mereka," ujar Gertrude.

5. Jeralean Talley, 115 tahun
Wanita yang tinggal di Michigan, Amerika Serikat, ini mengaku rahasia umur panjangnya tidak lain karena ketenangan jiwa. "Semuanya berada di tangan Yang Mahakuasa, tidak ada yang bisa saya lakukan untuk hal itu," ungkap Jeralean kepada Detroit Free Press. 


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com