Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Salah Berbusana Bisa Sebabkan Sakit Punggung

Kompas.com - 27/03/2015, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber SHAPE
KOMPAS.com - Anda yang sering mengeluh sakit punggung pasti mengetahui bahwa kebiasaan seperti postur tubuh yang buruk, olahraga berlebihan, hingga posisi tidur yang salah merupakan beberapa penyebab munculnya nyeri. Namun, siapa sangka, ternyata busana yang biasa Anda kenakan pun bisa memicu timbulnya sakit punggung.

"Memang benar, busana yang Anda kenakan dapat menyebabkan sakit punggung. Secara spesifik adalah busana yang ketat, sempit, dan menekan tubuh hingga membatasi ruang gerak," ujar Kenneth Hansraj MD, Kepala Dokter Bedah Tulang Belakang di New York Spine Surgery & Rehabilitational Medicine, Amerika Serikat.

Hansraj menjelaskan, mengenakan busana yang terlalu ketat menyebabkan otot menjadi stres dan ketegangan pada bagian punggung, leher, dan bahu. Akibatnya, risiko nyeri bahkan cedera pada bagian tubuh tersebut tidak dapat dihindari. 

Menurut Hansraj, busana yang paling berisiko menyebabkan sakit hingga cedera pada punggung antara lain celana skinny jeans, rok pensil, hingga bodycon yang ketat membentuk tubuh. Namun, bukan berarti Anda lantas berhenti mengenakan ragam busana tersebut. Bisa disiasati agar risiko cedera tidak menimpa diri Anda. 

"Pilihlah busana dengan bahan yang lentur atau strech dan pilihlah ukuran yang nyaman bagi Anda, bukan yang ketat. Cara memastikannya, Anda harus dapat dengan mudah menyelipkan jari di bawah celah tali pinggang celana jeans dan rok yang Anda kenakan," saran Hansraj. 

Busana lainnya yang dapat menyebabkan nyeri punggung dan leher menurut Hansraj adalah bra olahraga atau sports bra. Bra dengan tali kecil atau berbentuk halter tidak mampu mendistribusikan berat badan pada bahu Anda dengan baik. Sebaliknya, konsentrasikan tekanan pada satu titik. 

"Masalah demikian juga menjadi perkara bagi wanita yang memiliki ukuran cup yang lebih kecil. Untuk menghindari ketidaknyamanan, saya merekomendasi untuk mengenakan bra dengan tali yang tebal dan nyaman," sebut Hansraj. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SHAPE
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com