Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompetisi Desain Busana yang Terinspirasi Kisah Cinderella

Kompas.com - 28/03/2015, 14:00 WIB
Alvin Dwipayana

Penulis

KOMPAS.com Ternyata kisah dongeng klasik Cinderella memang menjadi sebuah cerita yang digemari sepanjang masa. Meski film layar lebarnya sudah tayang sejak beberapa minggu lalu, namun pesona keindahan alur cerita hingga busana yang dikenakan seakan tak berhenti sampai di sini.

Karena itulah Walt Disney Studios mengadakan Cinderella Dress Design Competition yang bertujuan untuk melahirkan karya-karya inovatif dari peminat desain busana di Indonesia. Dimulai sejak 16 Februari lalu dan diikuti hampir sekitar 40 peserta, terpilihlah 10 finalis dari kompetisi ini.

PULSE COMMUNICATIONS Beberapa kreasi finalis Cinderella Dress Design Competition Indonesia yang dipamerkan di Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Karya inspiratif dari 10 finalis, dipamerkan secara langsung di Mal Kota Kasablanka mulai 12 Maret 2015 hingga 5 April 2015 mendatang. Mochtar Sarman, selaku Country Director Retail and Licensing PT. Walt Disney Indonesia mengatakan, "Pemenang dari finalis ini akan ditentukan melalui sistem pemungutan suara secara terbuka di akun resmi Facebook Walt Disney Studios. Pemenangnya segera akan kami umumkan pada tanggal 10 April 2015 mendatang."

Tidak hanya di Indonesia, hal serupa juga dilakukan di negeri tetangga Singapura. Disney yang menggandeng sekolah Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA), Singapura, juga menggelar sebuah kompetisi desain untuk mewujudkan beberapa kreasi busana karakter dalam film Cinderella. Pemenang dari kompetisi ini adalah Erica Devi Handika, seorang mahasiswa Indonesia yang masih melanjutkan studi fashion-nya di NAFA, Singapura.

PULSE COMMUNICATIONS Erica Devi Handika (kedua dari kanan) berpose bersama para model yang mengenakan desain busana karakter Cinderella.

Erica yang memang sempat berpartisipasi dalam ajang Audi Star Creation di Asia Fashion Exchange 2014 lalu, menghadirkan empat karya terbaiknya dalam kompetisi ini, yaitu gaun inspirasi klasik Cinderella, gaun Cinderella; Singapore 50, kreasi busana ibu tiri Cinderella dan gaun ibu peri Cinderella.

"Merupakan pengalaman yang tak terlupakan saat mengerjakan proyek kompetisi ini. Saya sebagai penggemar kisah klasik Disney merasa senang bisa berkreasi dalam mendesain busana untuk karakter dari film Cinderella. Penempatan detail pada setiap gaun memberi kesenangan tersendiri, apalagi saat melihat hasil akhirnya yang bisa menginspirasi," tukas Erica.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com