Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Anak Perempuan Suriah yang Menghancurkan Hati

Kompas.com - 30/03/2015, 18:46 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Redbook

KOMPAS.com — Beberapa malam lalu, sebuah foto anak perempuan Suriah membuat heboh situs Imgur (situs berbagi foto). Dalam foto tersebut, seorang anak perempuan berpipi tembam dengan sepasang mata coklat nan bulat tampak mengangkat kedua tangannya.

Ekspresi sang anak perempuan Suriah ini tampak sedih sekaligus ketakutan. Ternyata, alasan dia mengangkat kedua tangannya karena menyangka kamera fotografer adalah senjata. Oleh karena itu, dia mengangkat tangan tanda menyerah.

Pada keterangan foto, sang fotografer menuliskan,

Syrian girl thought the photojournalist was holding a weapon, so she 'surrendered’.” (Seorang anak perempuan Suriah mengira sang jurnalis foto sedang memegang senjata, jadi dia “menyerah”).

Semenjak foto ini menyebar secara viral, sang fotografer pemilik foto belum juga melegitimasi kebenaran dari keterangan foto yang dia tuliskan. Namun, sepenggal kalimat tersebut sudah cukup menggambarkan betapa genting dan tragisnya kondisi yang terjadi di Suriah selama peperangan berlangsung.

Perang yang terjadi di Suriah telah memasuki tahun kelima dan telah menelan korban sebanyak 200.000 orang. Demonstrasi publik dimulai pada awal 2011 dan berkembang menjadi pemberontakan nasional hingga sekarang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Redbook
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com