Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kesalahan yang Dilakukan Wanita dalam Kamar Mandi

Kompas.com - 31/03/2015, 08:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Ritual mandi merupakan gaya hidup yang dilakukan setiap hari oleh sebagian besar manusia. Namun, seperti kita ketahui bahwa wanita lebih lama menghabiskan waktu untuk mandi dan membersihkan tubuh.

Ternyata, meski mengusai tip dan kiat dalam membersihkan tubuh secara baik dan benar, wanita juga sering kali melakukan kesalahan saat sedang mandi. Berikut empat cara keliru yang sering dilakukan wanita:

Luluran atau scrubbing setiap hari
Mungkin Anda berpikir dengan luluran dan scrubbing setiap hari dapat membuat kulit tubuh tampak lebih bersih, lebih bersinar, dan mengilap. Ternyata cara ini sangat salah. Sebab, luluran atau scrubbing setiap hari justru membuat kulit tambah berminyak dan tipis, sehingga kulit lebih mudah terpapar bakteri serta kotoran. Sebaiknya, lakukan ritual kecantikan tersebut seminggu satu kali dan lakukan pada malam hari.

Keramas tanpa menyisir rambut
Untuk menghindari rambut patah, sangat disarankan untuk menyisir rambut sebelum mencuci rambut saat mandi. Cara ini membantu Anda untuk menghindari masalah rambut rusak yang tidak Anda inginkan. Lalu, sangat disarankan untuk menyisir rambut dengan sikat rambut bergigi jarang-jarang. Tujuannya agar rambut yang kusut usai tidur sepanjang malam, lebih mudah diatur.

Gosok  gigi di bawah pancuran air
Tak sedikit wanita yang menyikat dan membersihkan gigi saat air pancuran masih menyala deras di bawah kepala mereka.  Ternyata, menurut Timothy Chase, D.M.D, pilihan tersebut sama sekali salah. Sebaliknya, Chase menyarankan agar Anda menggosok gigi dengan saksama tanpa gangguan air yang mengalir deras di sekujur tubuh.

Mencukur bulu kaki sebelum mandi
Tahukah Anda kebiasaan ini bisa membuat bulu kaki tumbuh kasar dan tebal. Sebab, waktu terbaik untuk mencukur bulu kaki adalah setelah Anda selesai mandi. Sebab, suhu kamar mandi yang lembab secara alamiah menghaluskan serta membuka pori-pori kulit kaki, sehingga bulu kaki pun terasa lebih lembuh dan mudah untuk dicukur.

Terburu-buru saat mengeringkan tubuh dengan handuk
Mungkin Anda bangun kesiangan, sehingga tak hanya cara mandi yang serba cepat tapi juga ketika mengeringkan tubuh. Salah cara menggunakan handuk bisa membuat kerusakaan kronis pada kulit tubuh Anda. Selain itu, bisa membuat kulit jadi gatal dan iritasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com