Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Perhiasan Indonesia Kian Bersinar di Mancanegara

Kompas.com - 31/03/2015, 14:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
Jumlah pengusaha wanita Indonesia semakin banyak dan terus bertambah. Tidak sedikit dari para pengusaha wanita tersebut mengembangkan sayap usahanya ke ranah ekspor ke pasar mancanegara. Sebagian usaha yang digeluti oleh para pengusaha tersebut adalah industri kreatif dan kerajinan tangan.

Salah satu produk yang banyak diproduksi oleh para pengusaha wanita Indonesia adalah perhiasan. Menurut Nus Nuzulia Ishak, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, banyak unit usaha yang dijalankan oleh para wanita di Tanah Air adalah produk-produk yang sifatnya prospektif.

"Lihat saja yang produk prospektif, kerajinan kebanyakan pengusahanya wanita. Interior product juga banyak dilakukan wanita. fashion product juga. Sekarang produk-produk fashion, seperti sepatu dan jewelery itu kontribusi pelaku usaha wanita," ujar Nus di sela-sela acara Peresmian Women in Global Business Indonesia di Hotel Aryaduta, Selasa (31/3/2015).

Nus mengungkapkan, perkembangan ekspor produk perhiasan asal Indonesia sangat menjanjikan dan membanggakan. Pada tahun 2014 silam, terjadi peningkatan ekspor produk perhiasan Indonesia sebanyak 86 persen bila dibandingkan tahun 2013. Menurut Nus, angka ekspor tersebut begitu besar dan luar biasa.

"Dalam bulan Januari dan Februari pun peningkatannya sangat bagus. Ekspor ini akan terus berlanjut sampai tahun 2015 ini. Sampai bulan Desember 2014 lalu, angkanya sekitar 4,2 miliar dollar AS. Itu bukan main ekspor kita untuk perhiasan," papar Nus.

Lebih lanjut, Nus memaparkan, tujuan ekspor perhiasan ke Indonesia antara lain ke Hong Kong, Singapura, Uni Emirat Arab, dan Dubai. Sebagian besar produk perhiasan emas yang dipasarkan di Dubai merupakan kreasi rancangan dan produksi para perajin dari Indonesia.

"Itu di Dubai banyak perhiasan emas, desainnya oleh kita. Saya pernah lihat eksportir gelang emas. Perajin dan desainnya dari Indonesia. Kebanyakan berupa gelang dan kalung, tapi kebanyakan berupa gelang," imbuh Nus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com